12 Tips Sukses Berbicara di Depan Umum, Tanpa Gerogi dan Penuh Kesan

Share:

Artikel ini akan membahas berbagai tips sukses berbicara di depan umum, mulai dari tampil penuh percaya diri, tanpa gerogi, hingga menimbulkan kesan positif yang kuat di hati audiens.

Wajar jika sobat mencari tips sukses berbicara di depan umum, sebab kemampuan ini memang dibutuhkan oleh banyak orang. Entah itu guru, ustadz, dosen, pejabat, dan berbagai jenis profesi lainnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan, sobat ada yang menemukan artikel ini karena mencarinya sebagai bekal pidato yang yang sebentar lagi akan dilakukan.

Tak perlu panjang lebar lagi, berikut beberapa tips agar sobat senantiasa sukses ketika berbicara di depan umum.

1. Miliki Niat Terbaik

Niat adalah salah satu kekuatan terbesar yang melandasi suatu perbuatan seseorang. Ia adalah haluan yang akan mengantarkan kemana arah suatu perbuatan. Saking pentingnya niat, tak heran jika setiap perbuatan dalam agama pun dilihat dari niatnya. Tak peduli sebagus apapun suatu perbuatan terlihat, namun jika didasari niat yang jelek maka hasil dan akibat yang dihasilkannya pun tentu akan jelek juga.

Hal ini berlaku untuk perbuatan atau aktifitas apapun, tanpa terkecuali public speaking. Seseorang yang memiliki niat yang suci lagi mulia, maka tak sulit baginya untuk menjadi pembicara yang baik, penuh karismatik, dan sangat berpengaruh serta berkesan di hati audiens. Karena apapun yang dilakukan dengan hati, maka akan sampai ke hati.

Jadi bagian paling penting dari tips sukses berbicara di depan umum adalah niat. Benahi dan arahkan niat agar selalu memiliki niat yang baik. Niat terbaik dari setiap aktifitas manusia tentu adalah beribadah kepada Allah, melalui berbagai cabang niat lainnya. Misalnya seperti berbagi inspirasi, motivasi, ilmu pengetahuan, dan membuat kehidupan banyak orang menjadi lebih baik. Tak perlu risau jika niat sobat baik, apalagi jika untuk beribadah. Hal ini karena Tuhan Yang Maha Baik pasti akan memampukannya.

2. Pahamai Audience

Berbicara yang mudah diterima dan mengasikan oleh orang lain, tentu yang sesuai dengan dirinya. Oleh karena itu, sebelum memulai pembicaraan di depan umum pahamilah terlebih dulu mereka. Pahamilah mulai dari usia, proporsi jenis kelamin,tingkat pendidikan, hingga minat mereka.

Dengan memahami audiens maka kita akan dapat tampil dengan baik, dan setiap yang dibicarakan selalu sesuai dengan mereka.

3. Bintangnya Adalah Audience


Public speaking terbaik senantiasa menganggap jika dalam suatu acara audience lah bintang utamanya. Anggapan ini akhirnya memacu mereka untuk dapat memberikan manfaat terbaik, sehingga yang mendengarkan akan merasa beruntung bisa bertemu dengannya.

4. Ngobrol Ringan dengan Audience

Sebelum naik ke atas panggung atau memulai berbicara pada audines, sebaiknya lakukanlah terlebih dahulu obrolan ringan dengan beberapa audines. Selain dapat menghilangkan gerogi dan membiasakan diri, obrolan yang dilakukan sebelum dapat naik panggung ini juga dapat menghangatkan pita suara, sehingga bisa semakin maksimal saat tampil nantinya.

5. Yakinkan Diri Bahwa Anda Mampu

Banyaknya orang gagal tampil di depan
umum, penyebab utamanya adalah karena kurangnya rasa percaya diri mereka terhadap apa yang akan disampaikannya. Oleh karena itu sangat disarankan sobat benar-benar menyampaikan yang dikuasai, jika tidak tolak saja dengan halus setiap penawaran yang ada.

Namun jika sobat tetap mau menerima tawaran berbicara di depan umum, untuk materi yang tidak dikuasai. Silahkan pelajari dengan baik materi tersebut, sampai akhirnya sobat benar-benar bisa menguasainya. Ulangilah terus menerus mempelajari sampai sobat sudah yakin dan percaya diri merasa sebagai seorang pakar.

6. Siapkan Catatan Kecil
Mungkin sobat sering melihat mayoritas yang berbicara di depan umum itu membawa catatan kecil. Hal itu sah-sah saja, bahkan bisa dianggap sangat penting. Dengan memiliki catatan kecil tersebut, maka setiap yang dibicarakan tidak akan melenceng dari tema yang ingin disampaikan. Selain itu, catatan tersebut juga berguna untuk membuat pembicaraan kita tertata, dan pengingat jika ada yang lupa.

Selain dengan catatan, jika memungkinkan juga bisa menggunakan presentasi Power Point.

7. Berlatih Sebelum Tampil

Untuk menambah keyakinan dan rasa percaya diri, sebaiknya lakukanlah latihan pra tampil atau gladi resik. Gunakan ruangan kosong, kemudian anggap di situ ada audience. Mulailah berbicara, simulasi game dan lainnya yang nantinya hendak sobat praktekan.

Jika memungkinkan pilihlah ruangan yang memiliki cermin, selanjutnya perhatikan mimik wajah, dan body language sobat saat berbicara. Hal ini sangat penting, sehingga sobat bisa mengoreksi diri sendiri, dan segera memperbaikinya jika menemukan kesalahan dan kekurangan.

8. Visualisasikan Keberhasilan pada Alam Bawah Sadar

Sebelum tampil di depan umum usahakan senantiasa membayangkan (visualisasi), bahwa apa yang sobat sampaikan di depan umum sangat berhasil, dan direspon baik oleh audience. Cara ini hampir dilakukan oleh para pembicara hebat, hal ini salah satunya karena rasa percaya diri dapat meningkat setelah melakukannya.


9. Jangan Lupa 3S

Hampir bisa dipastikan jika semua orang senang melihat senyum di wajah orang yang ia lihatnya. Atas dasar itulah, perusahaan di bidang jasa apapun senantiasa mengutamakan hal itu.

Oleh karena itu sebelum memulai pembicaraan berikanlah kesan terbaik untuk diri sobat, dengan cara memberikan senyum termanis untuk para audience. Setelah senyum, sapalah mereka dengan sapaan yang memukau, setelah itu sanjunglah mereka. Meski sederhana namun cara ini akan membuat langkah pembukaan yang memukau. Ingatlah selalu, dalam public speaking tiga menit pertama adalah segalanya.

10. Lakukan Interaksi

Jika hanya mendengarkan setiap orang tentu akan merasa jenuh, mayoritas dari mereka pasti lebih menyukai jika dapat terlibat langsung. Oleh karena itu, lakukanlah interaksi dengan audiens. Caranya bisa dengan sesekali memberikan pertanyaan pada mereka, bermain game, dan juga ice breaking.

11. Terima Umpan Balik



Umpan balik atau Feedback adalah suatu cara yang  bisa sobat gunakan, untuk memastikan bahwa penampilan sobat senantiasa mengalami peningkatan kualitas.
Mintalah feedback dari peserta, atau teman yang menyaksikan sobat tampil di depan umum.

12 Perbanyak Tampil


Bisa karena terbiasa, setelah sudah bisa akan menjadi ahli. Rumus ini berlaku untuk kemampuan apapun, tanpa terkecuali public speaking.

Oleh karena itu usahakanlah untuk bisa tampil di depan umum, dengan jumlah audiens 20 ke atas. Semakin sering tampil maka keberanian dan rasa percaya diri sobat pun akan semakin berkembang, sejalan dengan kemampuan sobat yang juga terus meningkat.

Demikianlah tips sukses berbicara di depan umum yang dapat kami sampaikan. Sebenarnya masih banyak tips yang lainnya, namun jika berbagai tips di atas dipraktekan dengan baik maka sudah bisa menghasilkan sesuatu yang optimal, sesuai dengan yang sobat harapkan.

No comments