Apa Pengertian Musik? Ini Penjalasan Lengkap tentang Pengertian, Sejarah, dan Jenisnya

Share:


Membahas pengertian musik sebenarnya merupakan hal yang sangat penting, mengingat tidak sedikit para penikmat musik yang tidak paham akan arti musik itu sendiri. Padahal hampir setiap harinya kita mendengarkan musik.

Aktifitas kita yang sudah begitu sangat akrab dengan musik, rasanya kurang bijak jika kita tidak memahami pengertian musik dan hal-hal lain yang menyertainya. Padahal tidak bisa dipungkiri, selama ini musik banyak membantu hidup kita, mulai dari menghilangkan rasa jenuh, menyemangati belajar dan bekerja, hingga sebagai sarana inspirasi.

Banyak sekali sebenarnya pengertian dari bunyi merdu yang mendamaikan ini, bahkan tidak sedikit dari para ahli yang telah ikut serta mengartikannya.

Pengertian Musik Secara Umum

Banyak pengertian musik menurut para ahli. Menurut Wikipedia, “Musik adalah suara-suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama”. Sementara itu, kata Aristoteles, “Musik adalah sesuatu yang memiliki kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme”.

Sejarah Musik

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan Musik, kali ini kita akan membahas mengenai sejarah musik. Tahu nggak kalau tiap tanggal 21 Juni kita merayakan Hari Musik Sedunia.  Peringatan ini juga dikenal sebagai Fete de la Musique. Itu menandakan dimulainya festival musik pada tahun 1982 di Prancis berdasarkan menteri kebudayaan Prancis.

Zaman Medieval

Tahun 400-1400an. Pada zaman medieval atau abad pertengahan musik sangat dipengaruhi oleh gereja yang pada saat itu memiliki kekuasaan. Lalu musik berkembang notasinya menjadi musical repertorie, yaitu kumpulan lembaran musik yang dimainkan secara individual, choir, atau dengan instrumen. Salah satu peninggalan musik dari zaman ini adalah The Gregorian Chant.

Zaman Rennaisance

Tahun 1400-1600an. Pusat perkembangan zaman ini ada di Kota Florence, Italia. Di kota tersebut telah berkembang seni opera. Instrumen/alat musik seperti piano sudah dikenal. Pada zaman Rennaisance, penggunaan chords lebih fleksibel sesuai musisi yang memakai.

Zaman Barok

Tahun 1600-1700an. Pada periode zaman ini, musik instrumen sudah dikenal luas dan banyak dimainkan. Para komposer musik melakukan improvisasi terhadap karya-karyanya. Beberapa komponis pada zaman Barok ini antara lain: Johann Sebastian Bach, George Frideric, Antonio Vivaldi, dan Handel.

Zaman Klasik

Tahun 1700-1910an. Nggak perlu ditanya lagi mungkin kebanyakan orang pasti mengenal periode musik zaman ini. Periode musik zaman klasik berkaitan erat dengan yang namanya harmoni. Karya-karyanya begitu syahdu seperti Fifth Symphony dan Fur Elise milik Ludwig van Beethoven.

Zaman Kontemporer/Modern

Setelah terjadinya revolusi industri dengan ditandai ditemukannya radio, musik menjadi lebih sering didengar masyakarat luas. Genre-genre baru musik banyak muncul pada zaman ini yang terus berjalan sampai sekarang.

Jenis-jenis musik


Jenis-jenis musik hampir sama penjelasannya seperti sejarah musik, yaitu pembagian musik dari periodisasi. Namun, ditambahi beberapa hal baru yang banyak didengar sekarang. Berikut jenis-jenis musik:

1. Musik Tradisional

Musik tradisional ini berkembang di desa dan biasanya merupakan warisan dari nenek moyang mereka. Unsur-unsur musik tradisional antara lain: lirik bahasa daerah, alat musik khas, terkadang menambahkan unsur tari.

2. Musik Klasik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, musik ini lebih menonjol dalam unsur harmoninya. Tokoh-tokoh musik yang terkenal pada zaman ini adalah Mozart, Beethoven, dan Chopin.

3. Musik Indie

Nih musik jenis ini sekarang lagi populer populernya. Musik ini adalah musik yang bergerak dan promosi secara mandiri tanpa bantuan label rekaman besar. Sebab, indie adalah singkatan dari independet = mandiri.

4. Musik EDM

Dan yang terakhir ada musik jenis EDM atau Electronic Music Dance. Pengertian musik ini adalah musik yang dihasilkan dari berbagai instrumen elektronik seperti synthesizer, midi keyboard, turntable, mixer, bass, dan lain-lain.

Itulah penjelasan mengenai pengertian musik, sejarah hingga jenis-jenis musik. Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments