The Way Of Single Mom, Cara Untuk Tetap Tegar Bagi Single Mom Yang Depresi

Share:

Single mom, mungkin sebuah kata yang sudah familiar di telinga anda. Tentang seorang wanita yang harus tetap berdiri tegar ditengah berbagai macam terpaan problematika kehidupan.

Meski tanpa seorang suami yang mendampingi, namun ia tetap berjuang keras demi buah hatinya yang akan melanjutkan kisah hidupnya. Tanpa rasa keberatan ia senantiasa meyakinkan anaknya agar selalu aman dan berjalan senormal mungkin sebagaimana anak-anak lain yang memiliki orang tua lengkap. Meski kenyataan tak sedemikian.

Pernahkah anda membayakan bagaimana ia harus bangun di pagi hari, memandikan anaknya, membuat sarapan, mengantarkan anaknya ke sekolah, mengerjakan tugas rumah, mencari nafkah, menjemput anak sekolah, memandikannya di sore hari, memask lagi, menemani anaknya tidur, dan pada malam larut ia baru dapat beristirahat untuk dirinya sendiri. Dan hal itu ia langsungkan setiap hari tanpa bisa ia tolak sedikitpun.

Dalam studi kasus  yang telah diterbitkan oleh etheses.uin.malang.ac.id menyimpulkan tentang psikologis single mom seperti berikut :

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban psikologis perempuan single parent sebagai kepala keluarga sangat berat. Terdapat dua tipologi perempuan single parent. Pertama, kondisi psikologisnya cenderung labil dan yang kedua cenderung stabil. Upaya yang dilakukan perempuan single parent dalam mengatasi beban psikologisnya antara lain selalu berpikir positif dengan posisinya sebagai single parent dan yakin akan bisa menjadi kepala keluarga yang baik dengan dukungan dari keluarga terdekat".

Dengan demikian jalan yang bisa di ambil untuk para kasus singel mom adalah berpikir positif untuk selalu optimis, dan jadikan keluarga terdekat sebagai pendukung kekuatan psikologisnya.

Beberapa cara lain untuk menguatkan psikologis para singel mom adalah

Mendatangi psikiater

Berkonsultasi kepada psikiater adalah salah satu cara untuk menstabilkan kembali kondisi psikis bagi para singel mom. Meski harus mengeluarkan sejumlah uang, namun cara ini adalah cara yang ampuh untuk membuat singel mom bertahan atau bahkan bisa lebih kuat dari kondisi sebelumnya.

Membuat komunitas single mom

Mengumpulkan berbagai individu degan latar belakang yang sama sebagai single mom. merupakan suatu cara yang efektif dan pasti akan menciptakan banyak keuntungan.

Ketika seseorang berada dalam satu wadah yang sama, maka akan terbentuklah suatu interaksi. Saat  melakukan interaksi ini, penyatuan antara satu individu dengan individu lainnya yang memiliki permasalahan yang sama akan saling melengkapi yaitu berbagi dan mengisi. Sehingga timbul berbagai macam ide dan pemecahan terhadap suatu masalah yang mereka  hadapi, Mulai dari bercerita bagaimana mereka memulai hubungan dengan mantan kekasih nya hingga bagaimana perceraian itu terjadi, Setidaknya mereka memiliki perbedaan meskipun sedikit.


Mendekatkan diri pada Tuhan

Cara ini adalah cara yang utama yang di rekomendasi kan. Sebaiknya coba untuk datangi pemuka agama yang di percaya oleh masyarakat umum. Biasanya mereka berada di tempat-tempat ibadah, atau biasanya negara menyediakan fasilitas ini sebagai fasilitas kerohanian suatu bangsa. Di sini single mom akan di tuntun kemana dan harus apa yang dilakukan sebagai warganegara yang baik menurut agama dan negara.

Kesimpulan, meskipun perceraian adalah hal yang tidak diharapkan bagi semua wanita, tapi itu tidak lah serta-merta segalanya. Anda biasa coba mencari pasangan hidup yang lain di sekitar Anda, atau jika dirasa belum bisa, Anda bisa coba melakukan hal hal dari tulisan ini. Ingin membaca artikel menarik lain seperti ini, silahkan bisa berkunjung ke situs siwaone.

No comments