4 Tips Agar Hidup Tenang Selalu, Terbukti Manjur!

Share:

Tips agar hidup tenang nampaknya sangat dibutuhkan banyak orang, sebab dunia yang merupakan tempat berkeluh kesah ini akan begitu suram tanpa sebuah pedoman. Sangat penting bagi kita makhluk berakal dan beriman, untuk sama-sama mengkaji diri bagaimana caranya agar ketenangan selalu kita dapatkan.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tips agar hidup tenang dari beberapa sudut pandang dan keilmuan. Semoga dengan membaca tulisan ini bisa kita dapatkan manfaat yang besar, baik bagi pembaca terlebih bagi penulisnya yang masih sangat minim ilmu ini.

Penulis menyadari, jika kita mau berbagi sedikit pengetahuan yang telah diamanatkan Tuhan maka pengetahuan kita tentu akan senantiasa ditambah-Nya.

4 Tips Agar Hidup Tenang Selalu

1. Hati-Hati dengan Hakim dari Hati Sendiri

Terkadang hati kita terusik ketenangannya karena terlalu sibuk berprasangka buruk pada orang lain. Begitu mudah kita menghakimi orang lain negatif terhadap diri sendiri, adalah salah satu pemicu utama keresahan jiwa kita.

Teman, soudara, bahkan hingga keluarga sendiri tak ayal sering menjadi korban dari perasangka buruk kita tersebut. Dampaknya selain dapat menimbulkan rasa benci, tali silaturahmi yang renggang, hati dan pikiran kita pun bisa menjadi tidak tenang karenanya.


Menyikapi hal tersebut, tips agar hidup tenang yang pertama adalah tidak mudah percaya pada apa yang kita pikirkan.

Misalnya saja, jika selama ini kita menganggap teman, atau salah satu soudara kita tidak menyukai kita, maka mulai sekarang janganlah mempercayainya. Buktikanlah dengan mata kita, caranya tentu saja dengan berkunjung dan menjalin silaturahmi dengannya. Dengan hal ini maka semua prasangka dan pikiran buruk kita akan berubah, sebab mata akan menyaksikan langsung jika yang selama ini kita prasangkakan itu salah.

Jika ingin hidup tenang, hal utama yang harus kita lakukan adalah tidak mudah percaya pada prasangka buruk yang ada dalam hati dan pikiran kita terhadap orang lain. Lakukan tips di atas, niscaya kita akan menyadari bahwa orang yang kita anggap jahat, cuek, tidak peduli dengan kita dan berbagai prasangka negatif lainnya, ternyata itu tidaklah benar. Justru sebaliknya mereka baik, sayang, dan peduli dengan kita.

2. Menghindari Perbuatan Salah dan Dosa


Disadari atau tidak setiap kita melakukan perbuatan salah batin kita akan berontak, sebab bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan kita. Dosa dan kesalahan juga memberikan sebuah titik hitam pada hati kita, dan dapat menjadi penghalang dari doa kita dikabulkan Tuhan. Tak ayal jika melakukan salah dan dosa sekecil apapun pada akhirnya akan membuat hati kita tidak tenang.

Solusi dari hal ini tentu saja dengan berupaya maksimal untuk menjauhi segala perbuatan salah dan dosa. Setelah itu bertaubat dan beritikad untuk tidak mengulangi perbuatan salah tersebut, dan kemudian menggantinya dengan amal sholeh yang dicintai Tuhan dan manusia.

3. Berbuat Kebaikan Sebanyak-banyaknya

Tips agar hidup tenang berikutnya adalah dengan melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya, selagi bisa dan diberi kesempatan. Jika dosa dan salah akan menghadirkan keresahan jiwa, kebaikan justru akan menentramkannya.

Berbuat baik tentu tidak harus jauh-jauh, yang lebih utama adalah berbuat baik terhadap orang-orang terdekat terlebih dulu. Dimulai dari orang tua, soudara kandung, kakek nenek, paman, tetangga, sahabat dan lainnya. Jika mereka sudah bisa merasakan kebaikan kita, setelah itu perluas lah perbuatan baik kita.


Mulai dari membantu fakir miskin, anak-anak yatim, menginfakan harta untuk agama, dan lain sebagainya. Insya Allah dengan demikian rezeki kita akan selalu berkah dan bertambah, umur manfaat, dan syurga menanti. Insya Allah... aaamiin.

4. Lakukan 5 Perbuatan Penawar dari Racun Hati


Sumber utama keresahan atau pun ketenangan ada pada hati. Hati yang penuh dengan penyakit seperti benci, dendam, suudzon, kikir, dan lain sebagainya, tentu akan terus-terusan mengalami keresehan.

Oleh karena itu, tips agar hidup tenang tentu dengan melakukan pengobatan terhadap hati yang sakit sehingga bisa sembuh, dan kembali dapat merasakan ketenangan. Bagi umat muslim seperti saya, tentu sudah sangat familiar dengan 5 obat hati. Cukup dengan konsisten dan ikhlas dalam melakukannya, maka segala penyakit hati akan hilang sehingga ketenangan dan ketentraman hidup bisa selalu kita rasakan.

Adapun 5 obat hati tersebut telah dijelaskan oleh Kanjeng Sunan Bonang yaitu :
  1. Membaca Al-Qur'an dan maknanya
  2. Mendirikan sholat malam
  3. Berkumpul atau bergaul dengan orang-orang sholeh
  4. Memperbanyak puasa sunah
  5. Memperpanjang zikir di malam hari
Itulah tips agar hidup tenang, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kritik dan saran, atau ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan bisa menggunakan kolom komentar yang telah disediakan.

No comments