Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Blog Blogsot di Halaman Pencarian Google

Share:

Cara menghilangkan tanggal postingan blog pada halaman pencarian tentu sangat perlu diketahui para blogger, sebab dengannya artikel yang ditulis akan senantiasa terlihat baru.

Bagi sobat yang ingin menghapus tanggal postingan dari Google, pada kesempatan kali ini blog Membangun Inspirasi akan menjelaskan cara tersebut. Meski hal ini tidak direkomendasikan oleh serach engine, namun memang tidak sedikit para blogger yang melakukannya.

Manfaat Menghilangkan Tanggal Postingan

Jika sobat melihat berbagai situs seperti Wikipedia misalnya, pasti dalam postingannya tidak terdapat tanggal dan tahun postingan. Dengan hal ini, maka artikel yang dibuat akan selalu terlihat fresh dan tak lekang termakan waktu.

Tidak bisa dipungkiri jika dalam mencari informasi di internet, tidak sedikit orang yang melihat tanggal postingan. Alasan memilih postingan dengan tanggal terbaru, biasanya karena menganggap artikel tersebut sesuai dengan informasi yang dibutuhkan saat ini.

Dengan memanfaatkan cara menghilangkan tanggal postingan blog ini, maka artikel yang sobat tulis akan senantiasa dianggap baru oleh warganet. Ini tentu sangat membantu, khususnya bagi sobat yang menulis artikel bukan musiman, seperti artikel tutorial dan jenis informasi lainnya.

Dampak yang Terjadi Jika Tanggal Postingan Dihilangkan

Dampak yang terjadi jika kita menghilangkan tanggal pada postingan blog ,biasanya akan menyebabkan hasil eror ketika kita mengecek pada halaman Google Webmaster, dan hampir semua artikelnya mengalami missing update.

Lantas apakah menghilangkan tanggal postingan tidak mempengaruhi SEO?

Menurut penulis tidak, salah satu buktinya selain Wikipedia bahkan semua artikel Google khususnya halaman support Google, tanggal postingan dalam artikelnya juga semua dihilangkan. Ini adalah salah satu bukti bahwa menghilangkan tanggal postingan tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan blog  atau pun SEO.


Bahkan bukan rahasia lagi, jika umur postingan juga sangat berpengaruh terhadap reputasinya. Jika ada banyak pengujung yang melihat postingan berumur 2 tahun lebih, namun masih terlihat fresh karena tak menampilkan tanggal postingan, justru postingan tersebut akan semakin terlihat SEO. Hal ini tentu semakin baik, sebab semakin sering suatu postingan dibuka, maka akan semakin meningkatkan kekuatan SERP (Search Engine Results Page).

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Blog

Sobat penasaran bagaimana cara menyembunyikan tanggal postingan blog di halaman pencarian Google. Atau mungkin selama ini menganggap cara tersebut akan sulit dilalukan? Jika demikian, ikuti saja cara mudah berikut ini :

Langkah pertama, silahkan sobat masuk pada menu dashboard blog sobat. Selanjutnya silahkan sobat masuk pada halaman tata letak.

Perhatikan bagian tata letak, di sana ada widget Blog Posts, silahkan sobat klik menu edit seperti pada gambar di atas.

Setelah di klik, maka akan muncul tampilan berikut, selanjutnya hilangkanlah semua centang pada kotak tersebut. Jika sudah jangan lupa klik simpan.


Setelah langkah tersebut dilakukan selanjutnya kita tinggal menunggu halaman Google Webmaster mendeteksi error, dimana biasanya memerlukan waktu 2 hari atau lebih. Terus saja sobat cek sampai ada pesan eror pada halaman tersebut.

Setelah muncul pesan eror pada halaman webmaster, selanjutnya sobat tinggal masuk kembali pada menu dasboard blogspot, masuk pada halaman tata letak, dan edit kembali widget blog post.

Jika sudah muncul pesan eror dihalaman webmaster, maka kembali ke dashboard blogger anda.

Masuk ke halaman tata letak > blog post . centang hanya dibagian

Diposkan oleh
komentar
Lalu klik simpan


Silahkan sonat centang diposkan oleh, dan komentar lalu klik simpan. Dengan mencentang diposkan oleh, maka halaman eror pada template akan otomatis hilang, namun pada halaman webmaster tool akan tetap menampilkan pesan eror, dan akan terus bertambah seiring kita menambah postingan. Namun menurut penulis hal ini tidak masalah, itu hanya peringatan saja.

Untuk postingan lama, biasanya membutuhkan waktu 14 hari atau lebih baru tanggal postingan akan hilang. Sementara untuk postingan selanjutnya tanggal dan tahun postingan akan otomatis disembunyikan.

Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan tanggal postingan blog di halaman pencari, semoga bermanfaat.

No comments