13 Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam Secara Alami Agar Hilang Permanen

Share:

Cara mengatasi kantung mata hitam tentu dibutuhkan banyak orang, sebab hal ini sangat mengganggu penampilan dan tingkat kepercayaan diri. Namun aktivitas tertentu terkadang membuat kamu mudah mengalaminya.

Bagi kamu yang sedangmengalaminya tentu sangat membutuhkan cara mengatasi kantung mata hitam, terlebih dengan menggunakan cara alami. Selain lebih sehat dan natural, cara alami memang tidak memiliki efek samping yang mengkhawatirkan di masa yang akan datang.

Penyebab Kantung Mata Hitam

Sebelum membahas solusinya, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu penyebab kantung mata hitam itu sendiri. Dengan mengetahui penyebabnya tentu kamu yang belum mengalaminya bisa mencegah, agar tidak sampai mengalami suatu kondisi yang juga sering disebut-sebut sebagai mata panda ini.


1. Karena Terkena Paparan Sinar Matahari Berlebih


Bagi kamu yang sering beraktifitas di luar ruangan, sebaiknya hindari sebisa mungkin terkena paparan sinar matahari berlebih. Kulit di bawah mara yang tipis akan mudah rentan dan rusak jika hal itu terjadi, dan salah satu akibatnya kulit tersebut akan berubah warna menjadi gelap.

Lebih dari itu, hal ini juga bisa membuat tubuh memproduksi melanin dengan jumlah yanv meingkat, sehingga potensi terjadinya lingkaran hitam akan semakin meningkat pula.

2. Dehidrasi

Dehidrasi selain dapat membuat badan terasa lemas, terjadi juga bisa menjadi salah satu penyebab kantung mata hitam. Hal ini karena kurangnya air dalam tubuh bisa menyebabkan sel-sel kulit menyusut, sehingga mata pun menjadi lebih longgar.

3. Perilaku Hidup Tidak Sehat

Perilaku hidup tidak sehat selain dapat mengundang berbagai penyakit berbahaya, ternyata juga dapat menjadi penyebab munculnya kantung mata hitam.

Diantara kebiasaan tidak sehat tersebut adalah merokok dan mengkonsumsu minuman beralkohol. Saat merokok, kandungan nikotinnya dapat mengganggu pola tidur kamu, dimana kemudian mengarah pada kantung mata. Begitu pula saat mengkonsumsi alkohol, hal tersebut dapat menjadikan pembuluh darah melebar, sehingga kemudian munculah lingjarab hitam di bawah mata yang bahkan juga bisa terlihat lebih menonjol.

4. Tubuh Kekurangan Nutrisi

Saat tubuh kamu kekurangan vitamin K dapat menyebabkan buruknya sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga bisa menjadi penyebab kantung mata hitam.

Lingkaran hitam tersebut juga dapat terjadi jika tubuh kekurangan zat besi dan B12, sebab menyebabkan tidak adekuatnya oksigenasi jaringan. Proses tersebut akhirnya memanifestasikan dirinya dengan jelas sebagai semburat kebiruan yang ada di bawah mata.

5. Kurang tidur

Seringnya begadang, kerja malam, hingga insomnia dapat menyebabkan kamy kekurangan jam tidur. Padahal jika kamu kurang tidur, sirkulasi darah diwajah bisa menjadi tidak memadai sehingga menyebabkan pembuluh darah melebar, dan kemudian menimbulkan lingkaran hitam. Lingkaran pada kantung mata juga dapat semakin menonjol, mana kala kamu mengalami kelelahan dan pembengkakan mata.

6. Pengaruh Genetika

Penyebab kantung mata hitam, ternyata juga disebabkan oleh faktor genetika. Orang-orang Asia dan Afrika misalnya, kantung matanya bisa berubah menjadi kebiru-biruan. Hal ini karena mereka memiliki gen yang bisa memperbanyaj melanin pada sekitar mata. Gen tersebutlah yang kemudian membentuk lingkaran gelap. Sedangkan yang berwarna birunya, merupakan pembuluh darah yang memantulkan cahaya.

7. Penuaan


Penuaan juga menjadi salah satu penyebab kantung mata hitam. Hal ini karena dalam masa tersebut kulit bisa jadi lebih tipis, sehingga menyebabkan kulit di bawah mata mulai terlihat, dan akhirnya mengarah ke lingkaran hitam. Dalam pertambahan usia, mata juga akan menjadi lebih besar sehingga akhirnya dapat membentuk bayangan pada kulit yang ada di bawah mata.

8. Perubahan hormon

Tubuh yang mengalami kelebihan ekstrogen bisa berpotensi menyebabkan memar dan juga lingkaran hitam. Hal tersebut terjadi disebabkan terjadinya fluktuasi kadar hemoglobin. Menopause dan sindrom pramenstruasi membuat cairan lebih banyak tersimpan di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan pigmentasi kulit.

9. Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab kantung mata hitam, misalnya seperti hidung tersumbat yang dapat mengarah ke lingakaran hitam, sebab dapat melepaskan histamines dalam tubuh.

Selain itu, alergi juga bisa membuat menonjolkan lingkaran hitam sehingga dapat berkembang menjadi kantung mata. Faktornya dikarenakan alergi tersebut dapat membuat pembuluh darah yang ada disekitar mata membesar. Kamu juga harus menghindari menggosok-gosok mata dengan keras, sebab bisa membuat pembuluh darah bengkak hingga hancur, dimana pada akhirnya bisa membuat munculnya lingkaran hitam.

10. Eksim

Ketika kulit mengalami eksim maka akan menyebabkan gatal dan meradang. Kondisi tersebut akhirnya membuat penderita menggosok-gosok kulitnya, tak ayal jika terjadinya di bawah mata maka dapat menyebabkan terjadinya lingkaran hitam.

11. Anemia

Selain menyebabkan letih, lelah, lemah, lesu, dan lelap, anemia juga menjadi penyebab sirkulasi darah menjadi tidak tepat, sehingga mengakibatkan hemoglobin terurai dengan cepat. Hal inilah yang kemudian menjadikan penderita anemia, rentan memiliki lingkaran hitam pada kulit sekitar matanya.

12. Stres

Selain mengganggu hati dan pikiran, stres juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami insomnia atau kesulitan tidur, hal ini juga berakibat pada terganggunya keseimbangan hormon seseorang.

Orang yang stres kulitnya bisa berubah menjadi pucat, matanya pun bisa tenggelam cukup jauh pada rongganya, sehingga mengakibatkan pembukug darah yang ada di bawah mata lebih menonjol, dan kemudian membuat lingkaran hitam.

13. Infeksi

Penyebab kantung mata hitam yang terakhir adalah karena infeksi. Selulitis periorbital merupakan infeksi bakteri yang muncul di kelopak mata. Akibatnya kulit di bawah mata menjadi gelap, hingga kemudian memicu munculnya lingkaran hitam.

Cara menghilangkan Kantung Mata Hitam secara Permanen



1. Menggunakan Mentimun

Mentimun adalah salah satu bahan yang tentu sangat mudah untuk didapatkan. Ternyata selain dapat digunakan untuk makanan sehat dan sayuran, mentimun juga sering digunakan untuk masker wajah dan salah satu khasiarnya dapat menghilangkan kantung mata hitam.

Diantara kandungan yang ada dalam mentimun adalah Vitamin A, B, dan C serta mineral yang mencangkup kalium, silikon atau magnesium. Beberapa kandungan tersebut sangat membantu membuat mata sehat dan segar. Cara mengatasi kantung mata hitam dengan mentimun sangat mudah, kamu tinggal mengirisnya kemudian menaruh irisannya pada mata sekitar 30 menitan. Agar hasilnya maskimal, lakukanlah hal tersebut dengan rutin.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Bagi kaum hawa tentu sudah sangat kenal dengan manfaat minyak zaitun yang memiliki khasiat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Ternyata belum banyak yang mengetahuinya jika minyak ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan kantug mata.

Caranya juga cukp sederhana, kamu hanya tinggal mengoleskan miyak zaitu di area sekitar mata kemudian lakukanlah pijatan secara perlahan.

3. Menggunakan Kantong Teh


Bagi kamu yang sering mengkonsumsi teh celup, tentu sering membuang ampas teh begitu saja bukan? Ternyata limbah tersebut juga sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan kantung mata hitam loh. Hal ini karena didalam kantong teh tersebut terdapat tannin yang sangat bermanfaat untu menghilangkan perubahan warna, dan juga pembengkakan pada kulit di bawah mata kamu.

Sebelum digunakan untuk mengatasi kantung mata hitam, silahkan terlebih dahulu kamu simpan kantung teh tersebut selama semalam di dalam kulkas, baru setelah itu keesokan harinya bisa kamu gunakan dengan cara menempelkannya pada mata kamu yang dalam keadaan terpejam.

4. Mengkompres dengan Kentang

Selain rasanya enak, kentang juga memiliki kandungan asam sitrat dan asam fosfat, dimana selain untuk menjaga kelenturan kulit juga memilii khasiat untuk mengurangi radang. Cara menggunakannya kamu harus mengupas kentang sampai bersih, kemudian mencucinya dan memblendernya dengan halus.

Siapkan kantong halus dan bersih, dan masukan hasil blender kentang pada kantong tersebut. Gunakanlah kain tersebut untuk mengompres area sekitar mata kamu selama kurang lebih 15 menit. Agar hasilnya maksimal, lakukanlah hal tersebut secara rutin.

5. Mengkompres dengan Es Batu

Salah satu bahan yang sejak dulu dikenal baik untuk mengatasi permasalahan kecantikan adalah es batu. Es batu juga memiliki khasiat untuk mengontrol peradangan yang disebabkan aktivitas berlebih, sehingga juga dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata hitam.

Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan es batu juga cukup mudah, kamu tinggal membungkusnya dengan kain halus atau pun handuk bersih. Setelah itu silahkan kompres area sekitar mata dengan bahan tersebut menggunakan jeda sekitar 10 menitan.

6. Menggunakan Minyak Almond

Cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami berikutnya adalah menggunakan minyak almond. Kanungan minyak almond seperti Vitamin E dan K, selain dapat mencerahkan kulit juga bermanfaat untuk menetralisir lingkaran hitam pada sekitar mata.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengoleskan minyak tersebut pada kulit bawah mata menggunakan bantuan kapas. Agar hasilnya maksimal gunakanlah pada malam hari sebelum mejelang tidur, kemudian pada pagi harinya dibersihkan.

7. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya sangat terkenal untuk menjaga kesehatan rambut. Siapa sangka jika lidah buaya juga ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi lingkaran hitam dan juga kantung mata pada area sekitar mata. Hal ini karena dalam gel tersebut mengandung vitamin A, C, dan E,yang sangat bermanfaat untuk menutrisi dan memperbaiki kulit.

Cara menggunakannya cukup simpel, kamu tinggal mengoleskan gel tersebut pada kulit bawah mata kamu, kemudian membiarkannya selama 15menitan sebelum dibilas bersih. Dengan menggunakan bahan ini secara teratur, maka lingkaran hitam tersebut akan perlahan memudar.

8. Mengoleskan Putih Telur


Putih telur juga merupakan bahan yang sangat sering digunakan untuk masker wajah agar kulit kencang. Seperti kita tahu, faktor penyebab kantung mata salah satunya adalah karena kulit terkesan mengendur, sehingga putih telur juga bermanfaat dalam mengatasinya.

Untuk mengatasinya, kamu tinggal mengoleskan putih telur pada sekitar kantung mata, dan membiarkanya sekitar 20 menitan agar benar-benar kering, setelah itu silahkan bilas menggunakan air hangat.

9. Menggunakan Jeruk Nipis atau Lemon

Kedua bahan ini memiliki kandungan baik yang baik dan cukup tinggi ini, sangat terkenal dalam dunia kecantikan untuk mengatasi masalah kulit, termasuk mengatasi kulit sekitar area mata yang menghitam.

Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan jeruk nipis dan lemon adalah dengan memotongnya berbentuk lingkran, untuk kemudian di pasangkan pada kulit yang dituju. Diamkan sekitar 10 - 15 menit sebelum akhirnya dilepaskan. Lakukan setiap hari dengan rutin agar hasilnya maksimal.

10. Menggunakan Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang sangat terkenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagi kamu yang sedang mencari cara mengatasi kantung alami secara alami yang ampuh, ternyata madu juga bisa kamu andalkan loh. Bahkan sudah sejak lama orang-orang juga menggunakan madu sebagai masker wajah. Hal ini karena madu sangat baik digunakan untuk meregenerasi kulit, sehingga selain makin sehat kulit juga tampak begitu cerah.

Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan madu juga sangat simpel, kamu hanya tinggal mengoleskannya pada daerah kantung mata, dan mendiamkannya selama sekitar 20 menit sebelum akhornya dibilas sampai bersih. Lakukanlah secara rutin adamalam hari sebelum tidur.

11. Menggunakan Sendok


Hampir di setiap rumah pasti ada sendok, sebab alat ini memang penting untuk aktifitas makan. Siapa sangka, sendok ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata hitam.

Caranya kamu simpan 2 buah sendok stainless stail dalam freezer selama semalam penuh. Pada pagi harinya setelah kamu cuci muka, silahkan gunakan sendok beku tersebut dengan menyentuhkan punggungnya pada kedua matamu yang terpejam. Tahan sampai kedua sendok tersebut menjadi hangat.

12. Menyenangkan Diri Sendiri

Di atas telah dijelaskan bahwa salah satu penyebab kantung mata hitam adalah stress. Cara terbaik untuk menyenangkan hati dan pikirtan tentu dengn melakukan hal-hal yang menyenangkan. Dengan mlakukan kegiatan menyenangkan dan tanpa harus berpikir keras, selain sebagai upaya pencegahan hal ini juga bisa menjadi cara jitu untuk menghilangkan kantung mata hitam.

13. Membiasakan Diri Berolahraga


Penyebab kantung mata hitam juga bisa disebabkan oleh berbagai racun atau senyawa negatif yang ada di dalam tubuh, yang sudah mulai menumpuk. Salah satu langkah mudah namun dampaknya sangat tinggi untuk mengeluarkannya, adalah dengan berolahraga.

Lakukanlah olahraga di pagi hari, dengan begitu berbagai senyawa negatif tersebut akan ikut keluar bersama keringat.

Penutup

Demikian berbagai cara mengatasi kantung mata hitam secara alami yang bisa kamu coba. Jika setelah melakukan berbagai cara tersebut namun belum berhasil, sangat disarankan agar kamu menghubungi dokter kulit, sehingga bis dengan tepat menentukan jenis lingkaran hitam apa yang kamu alami, dan bagaimana cara menghilangkan kantung mata hitam tersebut dengan tepat.

No comments