2 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Terbukti Berhasil

Share:

Cara menghilangkan jerawat tentu dibutuhkan oleh kamu yang ingin tampil lebih percaya diri dengan wajah halus, cerah dan berseri. Jerawat yang muncul sedikit atau banyak, terkadang akan sangat terasa mengganggu terlebih bagi kaum hawa.

Memasuki masa remaja, jerawat biasanya mudah timbul. Padahal pada masa-masa tersebut kamu mulai sadar akan arti pentingnya menjaga penampilan. Tak sedikit para remaja yang minder dalam pergaulan karena banyaknya jerawat di wajahnya.

Penyebab Timbulnya Jerawat


Sebelum membahas cara menghilangkan jerawat, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu penyebab timbulnya jerawat. Dengan hal ini, diharapkan kamu bisa benar-benar terbebas dari jerawat yang mengganggu secara sempurna dan menyeluruh.

Setidaknya ada 4 kondisi penyebab jerawat, yaitu sebagai berikut:

Bakteri


Bakteri merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Propionibacterium acnes adalah jenis bakteri yang dapat berkembang, menyumbat folikel rambut, hingga dapat menyebabkan peradangan.

Sebum Berlebih


Penyebab jerawat salah satunya dikarenakan produksi sebum yang berlebih. Sebum sendiri sangat dibutukan kulit, sebab zat yang diproduksi kelenjer minyak ini memiliki fungsi untuk mencegah kulit kering.

Folikel Rambut Mengalami Sumbatan


Munculnya jerawat pada kulit wajah dikarenakan folikel rambut tersumbat oleh campuran sebum dan sel kulit mati.

Hormon


Penyebab jerawat berikutnya adalah dikarenakan hormon, yaitu ketika aktivitas hormon androgen berlebih.

Bila terpapar dengan dunia luar folikel dapat membengkak, sehingga dapat membentuk komedo, baik komedo hitam maupun putih. Saat hal itu terjadi sebaiknya kamu tidak menganggap remeh, sebab kondisi tersebut dapat berkembang menjadi nodul, papula, pustula, bahkan jika sampai terkontaminasi oleh bakteri kulit sampai bisa menyebabkan kista.

Selain 4 hal tersebut, ada juga beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami jerawat, diantaranya faktor keturunan, perubahan hormon pada masa tertentu seperti menjelang menstruasi, masa pubertas, gesekan kulit dengan benda, penggunaan kosmetik, merokok, mengkonsumsi obat-obatan, merokok, hingga karena stres.


2 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami


Jika didiamkan pun sebenarnya jerawat bisa hilang dengan sendirinya, namun selain mengganggu jika terlalu lama memang hal tersebut membuat rasa percaya diri dapat berkurang. Cara agar jerawat bisa hilang dengan lebih cepat, sebenarnya dapat kamu lakukan hanya dengan melakukan perwatan wajah dan masker. Agar lebih jelas berikut ulasan lengkapnya:

1. Langkah Perawatan Wajah


Cara menghilangkan jerawat secara alami yang pertama adalah dengan langkah perawatan wajah. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam langkah ini. Jika hal ini rutin kamu lakukan dan menjadi kebiasaan, maka bukan hanya wajah yang terbebas dari jerawat, secara keseluruhan tubuh kamu pun akan selalu sehat. Adapun beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut:


Minum Air Putih yang Cukup


Selain dapat terhindar dari dehidrasi dan membersihkan organ tubuh, minum air putih yang cukup ternyata juga dapat membantu kamu agar bisa terhindar dari jerawat.

Jika kamu kurang mengkonsumsi air putih, kulit juga bisa kering sehingga memicu timbulnya jerawat di wajah. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti jerawat dan dehidrasi, sebaiknya minumlah air putih minimal 8 gelas sehari.

Rutin Mengkonsumsi Buah dan Sayur


Salah satu akibat dari kekurangan mengkonsumsi buah dan sayur adalah kekurangan serat. Tubuh yang kekurangan serat, akan membuat kamu mudah merasa sembelit hingga bisa menyebabkan wasir atau ambeien.


Kandungan buah dan sayur juga memiliki gizi yang baik dan sangat dibutuhkan tubuh, termasuk kulit kita. Jadi dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur, maka selain kulit senantiasa sehat berseri tubuh pun akan senantiasa prima.

Rajin Cuci Muka


Bersyukurlah bagi kamu yang umat muslim, sebab jika kamu patuh pada perintah Tuhan, minimal kamu cuci wajah sebanyak 5 kali dalam sehari, yaitu saat hendak sholat wajib 5 waktu. Belum lagi kamu yang juga suka sholat sunah, membaca Al-Qur'an hingga melanggengkan dalam keadaan suci. Tentu kamu akan lebih sering berwudhu, yang artinya akan sering mencuci wajah.

Tidak bisa dipungkiri setiap waktunya udara kotor bisa menyapu wajah kita, baik disadari maupun tidak. Semakin sering kita mencuci muka, maka akan semakin sering pula kita membersihkan kotoran sehingga tidak sampai berakibat kurang baik terhadap kulit.

Mencuci wajah adalah cara menghilangkan jerawat secara alami yang sangat manjur, baik untuk mengobati maupun langkah antisipasi. Bagi yang kamu non muslim, sebaiknya cucilah wajah minimal 3 kali dalam sehari. Tidak harus pakai sabun, cukup mencuci wajah dengan air bersih dan kemudian mengelapnya dengan air yang bersih pula.

Menggunakan Pelembab


Keadaan wajah yang kering adalah salah satu pemicu timbulnya jerawat, oleh karena itu salah satu cara menghilangkan jerawat tentu saja dengan membuat kulit wajah terhindar dari kekeringan.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar wajah memiliki kelembabpan yang cukup adalah dengan menggunakan pelembab. Pelembab yang kami maksud di sini bukan yang berbahan kimia. Sesuai judul postingan ini, kita akan membahas cara yang alami. Adapun pelembab alami yang kami maksud diantaranya adalah mentimun atau dengan membasuh wajah.

2. Menggunakan Masker


Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker. Adapun beberapa bahan yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah mentimun, alpukat, lidah buaya, dan juga kopi. Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, sebaiknya lakukanlah langkah masker ini minimal seminggu sekali. Berikut penjelasannya.

Mentimun


Kamu tentu sering melihat di sinetron-sinetron, orang yang menggunakan mentimun sebagai masker. Dilihat dari tekstur dan buktinya, mentimun memang sangat baik digunakan untuk melembabkan kulit wajah dengan jalan dijadikan sebagai masker. Selain itu, saat digunakan kulit wajah kamu pun akan terasa segar dan sejuk.

Sebelum menggunakan mentimun sebagai masker, sebaiknya basuhlah terlebih dahulu wajah kamu. Diamkan mentimun selama 30 menit, setelah itu bilas kembali wajah dengan air bersih.

Alpukat


Salah satu buah yang sangat populer dan banyak diminati adalah alupkat. Siapa sangka, selain rasanya yang enak, alpukat ternyata juga sangat baik jika digunakan untuk masker wajah.

Meski agak repot namun hasilnya yang cukup maksimal, tentu masker ini patut kamu coba. Caranya kamu tinggal menumbuk alpukat sampai halus, sebelum akhirnya digunakan untuk bermasker.

Lidah Buaya


Lidah buaya memiliki beragam vitamin A, C, dan E yang sangat cocok untuk kulit wajah maupun tubuh.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai masker kamu cukup mengupas lalu isinya diiris tipis. Cuci wajah dengan air bersih, selanjutnya tinggal tempelkan lidah buaya tersebut pada wajah. Jika sudah cukup lama, jangan lupa bilas wajah sampai bersih.

Kopi


Selain dapat menyegarkan saat diminum, bubuk kopi ternyata juga bisa kamu gunakan untuk masker wajah. Selain dapat merileksasi kulit, masker kopi juga ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Cara menggunakan masker ini sangat simpel, kamu tinggal mengambil bubuk kopi secukupnya kemudian dicampur dengan sedikit air. Selanjutnya kamu tinggal tempel pada kulit wajah, dan memijatnya secara perlahan. Diamkan untuk beberapa saat sebelum akhirnya dibilas sampai bersih.

Penutup


Demikian penjelasan mengenai 2 cara menghilangkan jerawat secara alami. Mengurangi penggunaan bahan kimia, selain dapat membuat wajah kamu cerah alami juga tentu akan membuat tubuh senantiasa sehat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

No comments