2 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Manjur dan Aman bagi Kulit Wajah!

Share:

Cara menghilangkan komedo secara alami tentu sangat dibutuhkan bagi kamu yang sedang mengalaminya. Selain lebih aman dan sehat, cara alami juga akan membuat wajah senantiasa cerah alami pasca penanganan.

Apa Itu Komedo?


Sebelum membahas cara menghilangkan komedo secara alami, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu komedo itu sendiri.

Pada dasarnya komedo ini adalah cikal bakal jerawat, yaitu benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit. Selain pada kulit wajah, komedo juga bisa muncul di bagian kulit lainnya, misalnya saja seperti pada bagian lengan, dada, bahu, maupun punggung.

Jika tidak sampai terjadi infeksi, sebenarnya komedo tidak akan menyebabkan sakit. Munculnya jerawat, hingga kulit, menjadi merah dan bengkak, hanya terjadi mana kala komedo tersebut sampai terjadi infeksi.

Terbentuknya komedo sendiri adalah dikarenakan pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak), dan juga sel kulit mati. Komedo sendiri dikenal ada dua macam, yaitu komedo putih dan komedo hitam.

Komedo putih yaitu komedo yang lapisannya tertutup oleh lapisan kulit, sehingga warnanya menyerupai kulit atau berwarna putih sehingga dinamakan sebagai komedo putih.

Sedangkan yang dimaksud komedo hitam yaitu komedo yang permukaannya terbuka sehingga terpapar oleh udara luar, dan menyebabkannya berubah warna menjadi coklat maupun hitam. Perubahan warna inilah yang kemudian komedo terbuka ini dikenal sebagai komedo hitam.

Penyebab Komedo


Agar cara menghilangkan komedo secara alami ini semakin optimal, sebaiknya kita juga harus memahami berbagai hal dari penyebab komedo itu sendiri.

Komedo terjadi karena pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati yang berkumpul. Minyak dalam kulit sendiri dihasilkan oleh sebum atau kelenjer minyak yang ada dalam pori-pori. Saat permukaan pori-pori terbuka maka akan bisa terpapar oleh udara luar sehingga komedo tersebut bisa berubah menjadi hitam.

Tidak semua orang mudah mengalami komedo, namun ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kamu lebih rentan mengalaminya, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Adanya peningkatan peningkatan bakteri pada permukaan kulit.
  • Pori-pori kulit mengalami iritasi, misalnya karena mencuci wajah secara kasar, atau pun efek samping dari perawatan sinar laser.
  • Perubahan hormon sehingga menyebabkan produksi minyak meningkat, misalnya masa pubertas dan menstruasi.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB.
  • Kulit terlalu lembab.
  • Terpapar bahan kimia kosmetik.
  • Mengkonsumsi makan atau minuman dengan kandungan lemak maupun gula.
  • Suka merokok.

2 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami


Cara menghilangkan komedo secara alami tentu akan lebih aman dibanding menggunakan bahan-bahan kimia. Selain ekonomis, dan mudah dilakukan hasilnya pun akan terlihat natural, sehingga kulit wajah bisa semakin mempesona.

Cukup dengan melakukan 2 langkah sederhana ini, maka komedo di kulit wajah dan lainnya bisa cepat hilang. Dimana pun kamu berada, di pelosok desa sekali pun akan sangat mudah melakukan langkah ini. Selain memerlukan biaya tinggi, perawatan eksklusif biasanya hanya ada di kota-kota besar. Menggunakan cara alami selagi ada tentu merupakan keputusan yang bijak.

1. Melakukan Perawatan Wajah



Selain sebagai cara menghilangkan komedo secara alami, melakukan perawatan wajah secara konsisten tentu akan membuatnya semakin bersih berseri. Adapun cara melakukan perawatan wajah secara alami, diantaranya adalah sebagai berikut.


Sering Mencuci Muka


salah satu cara efektif membersihkan wajah tentu dengan mencuci muka, tak heran jika muslim taat yang sering berwudhu wajahnya terlihat berkilau. Dengan rajin membasuh wajah, maka kulit wajah kamu akan bersih, segar, dan juga lebih lembab.

Untuk mendapatkan hasil terbaik lebih seringlah membasuh wajah. Tidak perlu dengan sabun, cukup dengan air bersih seperti halnya umat muslim yang berwudhu. Selain sebelum tidur, basuh pula lah wajah kamu setiap selsesai beraktifitas. Hal ini sangat efektif mencegah masuknya berbagai kotoran pada pori-pori kulit, sehingga nantinya dapat menyebabkan permasalahan seperti komedo dan jerawat.


Jaga Kelembapan Wajah

Salah satu penyebab komedo adalah ketika kulit wajah mengalami kekeringan. Hal ini karena ketika wajah kering, pori-pori kulit akan terbuka lebar sehingga minyak maupun kotoran akan lebih mudah untuk masuk.

Selain membasuh wajah, cara yang juga bisa kamu lakukan untuk menjaga kelembaban kulit adalah dengan menggunakan masker, maupun cream pelembab wajah.


Minum Air Putih yang Cukup


Air adalah salah satu bagian penting bagi tubuh kamu, termasuk untuk memenuhi nutrisi kulit. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengkonsumsi air putih yang cukup, selain kebutuhan nutrisi kulit tercukupi tubuh juga akan senantiasa sehat.

Untuk membuat tubuh dan kulit selalu segar, biasakanlah minum air putih 8 gelas atau 1,6 liter perharinya. Selain mencegah dehidrasi, mengkonsumsi air yang cukup juga merupakan upaya menjaga kelembaban kulit.


Konsumsi Buah dan Sayur



Selain enak, buah dan sayur memang merupakan makanan sehat bergizi. Selain untuk kesehatan, kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya juga sangat baik untuk kecantikan kulit.

Ada banyak sekali jenis buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi, misalnya saja seperti semangka, pepaya, apel, mentimun, bayam, dan lain sebagainya.

2. Masker Alami untuk Mengatasi Komedo



Jika langkah perawatan sebelumnya merupakan rutinitas harian, maka masker dapat kamu gunakan sebagai langkah perawatan mingguan. Berbagai masker bernahan alami, ternyata juga cukup ampuh sebagai cara mengatasi komedo secara alami. Jadi kamu tidak harus menggunakan bahan kimia untuk menggunakan masker.

Setidaknya ada 4 bahan alami masker yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan komedo. Berikut penjelasannya.

Lidah Buaya

Lidah buaya biasanya terkenal untuk merawat keindahan rambut, siapa sangka jika salah satu bahan yang mudah didapat ini juga dapat digunakan sebagai masker.

Selain masker yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan komedo, lidah buaya juga berfungsi untuk memberi nutrisi, vitamin, menjaga kelembapan kulit, dan lain sebagainya.

Tanah Liat

Tanh liat merupakan salah satu bahan yang tentu juga mudah kita dapatkan. Dikenal juga sebagai clay, sudah sejak dulu tanah ini dipercaya sangat baik jika digunakan untuk merawat wajah. Selain wajah jadi lebih sehat, pemakaian masker tanah liat yang rutin juga dapat menghilangkan komedo maupun jerawat.

Meski begitu, pemakaian masker ini memang cukup lama. Sebab untuk membasuh tanah liat yang sedang kamu gunakan sebagai masker, harus menunggu sampai benar-benar kering.

Arang

Cara menghilangkan komedo secara alami berikutnya bisa dengan menggunakan arang, Meski agak repot saat menggunakannya, hasilnya yang memuaskan patut untuk kamu coba. Hal ini karena saat menggunaknnya maka masker arang tersebut dapat membantu kulit untuk mengeluarkan sel kulit mati dan juga minyak.

Sebelum menggunakannya, pastikan kamu telah terlebih dahulu menumbuk arang hingga halus.

Minyak Pohon Teh


Selain dapat menyegarkan tubuh dan pikiran saat diminum, teh ternyata juga memiliki fungsi untuk melembabkan kulit loh. Seperti kita tahu, menjaga kelembaban kulit adalah salah satu cara efektif pencegahan terhadap komedo dan jerawat.

Sayangnya untuk mendapatkan minyak pohon teh memang tidak selalu mudah, khususnya bagi kamu yang tinggal di perkotaan. Tapi bagi kamu yang tinggal di pegunungan, tentu pohon teh adalah salah satu hal yang sangat mudah kamu jumpai.

Dengan menggunakan minyak pohon teh sebagai masker, selain terbebas dari komedo dan jerawat ini juga akan sangat baik untuk kulit wajah. Apalagi minyak pohon teh ini juga dikenal sebagai anti radang alami yang dapat membunuh jamur maupun bakteri.

Penutup

Demikian cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan berbagai langkah di atas, maka kulit kamu akan senantiasa mulus berseri terbebas dari komedo

No comments