7 Cara menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Aman dan Cepat

Share:

Cara menurunkan berat badan, mayoritas dicari oleh kaum hawa yang ingin terlihat langsing. Namun demikian, dalam melakukan diet sebaiknya jangan menggunakan obat-obatan demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

Dengan menggunakan cara-cara alami, maka diet yang kamu lakukan akan lebih sehat. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan telaten, hasi diet cara alami juga ternyata akan cepat terlihat. Ini membuktikan bahwa cara alami hasilnya tidak selalu kalah dengan yang menggunakan obat.

7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami


Bagi kamu yang ingin bisa menurunkan berat badan dengan tetap memperhatikan kesehatan, berikut cara-cara alami yang bisa kamu lakukan.

1. Memiliki Target yang Tepat

Imaga via pixabay.com
Meski kamu ingin menurunkan berat badan, tentu kamu harus memiliki target yang tepat dan ideal. Jadi dalam hal ini, menurunkan berat badan itu bukan hanya masalah berat timbangan kamu turun, namun harus tetap juga memperhatikan kadar otot dan lemak pada tubuh.


Agar selama proses penurunan berat badan kadar otot tubuh kamu terjaga, pastikan tubuh kamu mendapatkan asupan nutrisi protein yang cukup. Ingat diet bukan berarti harus menyiksa diri sendiri ya.

Menurut data RDA (Recommended Dietary Allowances), tubuh kita disarankan mendapatkan asupan protein setiap per 1 kg nya adalah 0,8 gram. Jadi jika berat badan kamu 60 kg, maka protein yang dibutuhkan perharinya adalah 48 gr.

2. Menurunkan Lemak dan Kalori


Orang gemuk yang diidentikan dengan lemak berlebih dalam tubuhnya tentu sudah sangat akrab ditelinga kita. Oleh karena itu salah satu cara menurunkan berat badan yang terbaik, adalah dengan menurunkan lemak dan juga kalori.

Untuk membuat berat badan turun, hindari semaksimal mungkin mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, misalnya saja seperti junk food.

Yang juga tidak kalah penting, kamu juga harus menjaga kalori agar kurang dari 400 kebutuhan harian. Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang dibutuhkan kamu setiap harinya, silahkan bisa memanfaatkan kalkulator kalori untuk menghitungnya.

Misalnya di kalkulator kalori hasilnya kamu membutuhkan 2300 kalori perharinya, maka untuk bisa menurunkan berat badan jumlah kalori yang harus tubuh kamu penuhi maksimal adalah 1900 kalori perharinya.

3. Olahraga yang Teratur


Olahraga adalah salah satu aktifitas wajib sehingga selain berat badan turun, bentuk tubuh kamu pun akan menjadi bagus.

Waktu olehraga sendiri dianjurkan oleh WHO, agar kamu bisa berolahraga berat 75 menit perminggu, dan 150 menit olahraga ringan perminggunya. Namun jika waktu tersebut terlalu berat, kamu bisa melakukannya secara pelan-pelan sehingga tidak terlalu kaget. Misalnya saja 40 menit perminggu, dan pelan-pelan waktu tersebut ditingkatkan.

4. Selektif Saat Ngemil


Ngemil pada dasarnya juga dibutuhkan guna melengkapi kebutuhan tubuh. Dalam hal mengkonsumsi makanan selingan ini, sebenarnya sama seperti memilih makanan lainnya. Jika makanan tesebut mengandung banyak kalori dan lemak, serta tidak diimnangi dengan kegiatan fisik yang cukup tentu bisa dengan mudah membuat berat badan naik.

Oleh karena itu, selain harus selektif memilih makanan yang tidak mengandung banyak kalori dan lemak, jumlah makanan sampingan tersebut juga harus sesuai dengan aktivitas fisik kamu. Jangan mengkonsumsi cemilan terlalu banyak jika aktifitas fisik sedikit. Hindari pula ngemil saat nontom tv, sebab hal itu juga dapat membuat kamu lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

5. Mengkonsumsi Buah dan Sayur


Dengan berkurangnya asupan kalori, biasanya tubuh kamu akan merasa lapar dan lemas. Cara menurunkan berat badan secara alami dalam hal ini, dengan mensiasatinya mengkonsumsi buah dan juga sayur.

Selain rasanya enak, nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur memang juga sangat baik untuk tubuh kamu. Dengan hal ini, sekalipun sedang diet maka tubuh kamu akan senantiasa segar setiap harinya.

6. Minum Air Putih yang Cukup


Sebagian besar tubuh kita adalah cairan, dan kekurangan cairan akan mengakibatkan tubuh kehilangan dehidrasi sehingga dapat memicu timbulnya penyakit. Oleh karena itu, cara menurunkan berat badan secara alami yang tidak boleh kamu lupakan, adalah memastikan tubub mendapatkan asupan air putih yang cukup.

Selain dapat membuat tubuh segar, air putih juga sangat berperan penting dalam hal penyerapan makanan. Setidaknya selama satu hari kamu harus minum air putih sebanyak 8 gelas, tidak terlalu kurang atau pun lebih jauh.

Pastikan pula kamu tidak mengganti air putih dengan minuman manis, seperti kopi susu maupun minuman bersoda. Jika itu kamu lakukan, maka kalori kamu dapat naik secara drastis.

7. Hindari Makan Berat di Malam Hari


Cara menurunkan berat badan secara alami yang terakhir, adalah dengan menghindari mengkonsumsi makanan berat di malam hari. Hal ini bukan berarti kamu tidak boleh makan malam.

Sebenarnya diet itu bukan mengurangi waktu makan, jadi kamu setiap harinya bisa makan 3 kali seperti biasanya. Hanya saja porsinyalah yang dikurangi, jadi hindari makan sampai kenyang ya.

Meski tetap makan 3x1 sebaiknya untuk makanan berat hanya kamu lakukan di pagi atau siang hari. Untuk makan malamnya konsumilah hanya makanan ringan yang dapat mengganjal perut kamu.

Hal ini karena makanan yang kamu konsumsi di malam hari, berpotensi besar berubah menjadi lemak sebab  hanya digunakan untuk tidur. Berbeda dengan pagi atau siang hari, makanan tersebut dapat terproses dan tidak menjadi lemak sebab tubuh kamu penuh dengan aktivitas

Penutup

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan, namun pilihlah yang aman dan sehat untuk tubuh. Jangan mudah tergiur dengan obat-obatan yang menjanjikan dapat menurunkan berat badan secara cepat, ingatlah kebanyakan yang instan itu kurang baik. Sebisa mungkin kamu juga harus menghindari berbagai asupan obat-obat kimia, demi masa depan kamu kelak.

Dengan mengikuti cara menurunkan berat badan secara alami ini, selain keinginan kamu tercapai tubuh juga tentu akan senantiasa sehat.  Ingat juga diet itu bukan untuk menyiksa diri, jadikan kesehatan sebagai kebutuhan utama ya.

No comments