Kumpulan Desain Ruko Lantai 2 Minimalis Terbaik untuk di Desa Maupun Perkotaan

Share:

Ruko lantai 2 minimalis terbaik yang bisa digunakan untuk di kota maupun desa, merupakan informasi penting bagi kamu yang ingin memiliki rumah yang selain dapat digunakan untuk tempat tinggal juga untuk usaha.

Penulis yang tinggal di desa yang juga memiliki usaha juga memiliki niat kuat untuk bisa membuat ruko. Dengan memiliki ruko maka usaha dan tempat tingal kita akan tercapai dalam satu tempat yang nyaman. Bahkan tak sedikit para pengusaha property yang membuat banyak ruko untuk digunakan sebagai bisnis penyewaan yang menjanjikan penghasilan besar.

Pengertian Ruko


Image via sun-ebank.com 
Sebelum membahas lebih jauh mengenai ruko ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian ruko itu sendiri. Pada dasarnya ruko adalah singkatan dari rumah toko, merupakan sebuah istilah bagi bangunan berlantai dua atau lebih, dimana lantai pertama digunakan untuk tempat usaha dan lantai dua digunakan untuk tempat tinggal.

Sejarah ruko di Indonesia berawal dari datangnya pada pedagang yang berasal dari Tionghoa khususnya dari Propinsi Fujian, Tiongkok. Agar dapat mengawasi usaha sekaligus bisa memiliki tempat tinggal, maka dibuatlah bangunan yang dapat difungsikan sebagai tempat usaha dan juga rumah bagi pemiliknya. 

Ruko biasanya dimiliki oleh masyarakat ekonomi menengah dan didirikan di perkotaan, yang dekat dengan jalan, perkantoran, pasar, dan berbagai tempat keramaian lainnya. Seiring berjalannya waktu, ruko juga makin diminati semua masyarakat Indonesia, tak terkecuali pedesaan. 

Fungsi dan Keuntungan Ruko

Fungsi ruko tentu saja sebagai tempat usaha dan tempat tinggal, ada pun keuntungan memiliki ruko adalah sebagai berikut :
  1. Menghemat biaya pembuatan bangunan, sebab sudah memiliki tempat usaha dan rumah sekaligus.
  2. Menghemat lahan, sehingga lahan yang tidak terlalu luas sekalipun bisa digunakan untuk membuat rumah dan tempat usaha.
  3. Dapat mengawasi dan mengontrol usaha kapanpun.
  4. Memiliki rumah yang nyaman bersama kelurga.
  5. Tempat usaha yang tidak jauh dari tempat tinggal, sehingga bisa tetap mengurus keluarga.
  6. Dapat dijadikan bisnis penyewaan ruko dengan membangun ruko yang banyak.
  7. Berbagai keuntungan lainnya.

Tips Memilih Desain Ruko Lantai 2 Minimalis

Bagi kamu yang ingin membeli atau bahkan membuat dari awal sebuah ruko, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Perhatikan Lokasi

Saat kamu hendak membeli atau membuat sebuah ruko, perhatikanlah dengan baik dimana ruko tersebut akan didirikan. Selain mudah dijangkau, ramai pembeli, lokasi tersebut haruslah aman dari banjir saat musim hujan, dan selalu tersedia sumber air bersih sekali pun kemarau berkepanjangan.

Lokasi juga akan sangat menentukan bagaimana sebuah desain itu cocok untuk kamu. Misalnya saja, lokasi ruko yang ada di desa tentu bentuknya berbeda dengan ruko yang ada di perkotaan atau pun di pasar.

Perhatikan Akses Masuk Keluarga Hingga Tamu

Fungsi utama ruko bukan hanya untuk usaha, meski kita harus memiliki sebuah ruko yang sangat menunjang untuk usaha, yang tak kalah penting kita pun harus mempertimbangkan dengan baik ruko tersebut nyaman digunakan sebagai tempat tinggal.

Ruko haruslah bisa berfungsi sebagai rumah yang nyaman, disertai berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk keluarga. Di lantai atas, selain digunakan untuk kamar tidur, kamu bisa menggunakannya untuk ruang keluarga, ruang sholat, tempat bermain anak, kamar mandi, hingga perpustakaan keluarga. Jadi bukan berarti ruko tidak harus minim fasilitas yang kurang dari sebuah rumah keluarga pada umumnya.

Bagi masyarakat desa yang masih sangat erat rasa kekeluargaannya, selain memikirkan kemudahan akses bagi keluarga dan karyawan, desain ruko lantai 2 minimalis yang dipilih haruslah bisa juga memudahkan akses bagi tamu yang bekunjung. Dengan hal ini, maka ruko yang kita buat akan tetap bisa mempererat tali kekeluargaan dan silaturahmi dengan soudara dan masyarakat sekitar.

Disarankan memiliki ruang khusus di samping ruko seperti gambar desain di bawah sub judul pengertian ruko. Dengan hal itu maka tamu akan mudah dan nyaman, untuk tetap bisa berkunjug. Sebagai pemilik, kita pun bisa dengan mudah membedakan mana tamu dan mana customer.

Sesuaikan Desain dengan Luas Tanah

Selain memperhatikan lokasi, kita pun harus menyesuaikan desain ruko 2 lantai dengan luas tanah yang dimiliki. Jika luas tanah kita memanjang ke belakang, maka ruko kita bisa perluas ke belakang, begitu pun jika kesamping.

Jika luas ruko memanjang ke belakang, maka kita bisa memanfaatkan lantai dasar untuk tempat usaha, ruang tamu seperti yang dijelaskan di atas. Di bagian belakang kita bisa buat bangunan memanjang sehingga bisa maksimal untuk digunakan membuat ruang dapur, toilet, hingga gudang.

Sesuaikan dengan Jenis Usaha

Ruko yang dibangun haruslah bisa menyesuaikan dengan jenis usaha yang kita miliki. Jika usaha kita dalam bidang perdagangan produk dengan menjual langsung kepada customer, maka ruko yang terbuka seperti minimarket tentu sangat direkomendasikan.

Sebaliknya jika usaha kita dalam bentuk pejualan produk/ pelayanan jasa yang tidak harus langsung bersentuhan dengan customer, seperti jual beli online, dan lainnya maka tidak masalah jika ruko kita tidak terlalu terbuka.

Sesuaikan dengan Budget

Tips memilih desain ruko lantai 2 minimalis berikutnya adalah dengan menyesuaikan budget. Baik membeli atau pun membangun dari awal, kita harus pastikan bahwa ruko yang kita dirikan tidak justru menghabiskan modal usaha kita.

Perhatikan Kualitas Bangunan

Bagi masyarakat desa, tak sedikit yang membuat ruko di tanah yang sebelumnya digunakan untuk persawahan. Penting untuk diingat, buatlah pondasi dengan menggali dari tanah asal. Ada beberapa rumah yang pondasinya melemah hingga temboknya mau roboh, dikarenakan dalam pembuatan pondasi tidak di tanah sawah, melainkan tanah yang sudah ditambahkan dari lokasi lain agar semakin tinggi.

Selain pondasi perhatikan kualitas bahan bangunan yang akan digunakan, mulai dari batu, bata, semen, pasir, hingga besi yang sangat kokoh dan tebal. Dengan memilih bahan material terbaik, maka ruko yang kamu bangun akan senantiasa awet dan kokoh.

Bagi kamu yang mau membeli ruko yang sudah jadi, perhatikan baik-baik kualitas bangunannya, bila perlu ajak orang yang sudah ahli dalam mengecek kualitas bangunan. Jangan sampai pembelian ruko kamu merugi karena kualitasnya rendah, sehingga ruko mudah rusak dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk merenovasinya.

Contoh Desain Ruko Lantai 2 Minimalis Terbaik

Diambil dari berbagai sumber di internet, berikut ini adalah kumpulan desain 2 lantai minimalis terbaik, yang bisa kamu pilih sebagai referensi untuk membangun ruko kamu sendiri. Kamu bisa memilih desain yang sesuai dengan keadaan kamu saat ini.















Kesimpulan

Ruko adalah rumah toko yang penting dimiliki bagi kamu yang ingin memiliki tempat usaha sekaligus tempat tinggal. Penting untuk diingat, dalam memilih desain ruko 2 lantai kamu harus menyesuaikannya, sehingga nyaman untuk tempat tinggal dan juga mendukung kelancaran usaha.

Di atas adalah kumpulan ruko 2 lantai minimalis sebagai referensi kamu yang ingin memiliki sebuah ruko. Semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar dan share agar semakin banyak yang bisa merasakan manfaatnya.

No comments