Manfaat Wortel Bagi Tubuh

Share:
Manfaat wortel bagi badan - Manfaat wortel mentah lebih manjur untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya tetap sempurna. Wortel sangat kita kenal sebagai sayuran. Biasanya, kita memakai wortel sebagai materi untuk menyiapkan sup atau jenis masakan lainnya. Tapi tak jarang, banyak yang tidak suka sayuran oranye. Sebagian besar dari mereka yang tidak suka wortel menyampaikan kalau sayuran ini mempunyai sedikit rasa asing di lidah. Meski wortel mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita, dan bisa memuaskan banyak sekali kebutuhan nutrisi badan kita, terutama wortel yang masih dalam keadaan mentah.Wortel Jadi, mari kita cari tahu lebih banyak perihal wortel, terutama wortel mentah, jadi kita mengerti apa manfaatnya. Wortel mempunyai nama ilmiah Daucus Carota dari keluarga Apiaceae dan genus Daucus. Wortel termasuk sayuran umbi. Wortel mempunyai tekstur renyah dengan sedikit rasa manis. Wortel juga termasuk sayuran di seluruh dunia lantaran mereka sanggup ditemukan di hampir setiap negara.
kesehatan tubuuh

Ada banyak sekali jenis wortel yang bisa ditemukan di banyak sekali belahan dunia. Sayuran ini juga sangat populer sebagai sumber vitamin A tinggi, yang dianggap salah satu masakan sehat dunia. Selain kandungan vitamin A-nya, ternyata wortel juga sangat kaya nutrisi lainnya, maka bagi anda yang ingin hidup sayuran mulai makan sehat yang satu ini.

Kandungan gizi wortel
Wortel mempunyai kandungan gizi yang sangat beragam. Kandungan nutrisi ini juga hadir dalam jumlah cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Ini yaitu banyak sekali nutrisi yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi 100 gram wortel mentah, yang dijelaskan pada tabel di bawah ini:

Nila Nutrisi Persentase Nilai Gizi
Energi 41 kalori 2%
Karbohidrat 9,58 gram 7%
Protein 0,93 gram 0,93%
Total Lemak 0,24 gram 1%
Kolesterol 0 gram 0%
Serat 2,8 gram 7%
Folat 19 μg 5%
Niacin 0,983 mg 6%
Asam pantotenat 0,2373 mg 5,5%
Piriodoksin 0.138 mg 10%
Riboflavin 0,058 mg 4%
Tiamin 0,066 mg 6%
Vitamin A 16706 IU 557%
Vitamin C 5,9 mg 10%
Vitamin K 13,2 μg 11%
Sodium 69 mg 4,5%
Kalium 320 mg 6,5%
Kalsium 33 mg 3%
Tembaga 0,045 mg 5%
Besi 0,30 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0.143 mg 6%
Fosfor 35 mg 5%
Selenium 0,1 μg <1%
Seng 0,24 mg 2%
Karoten -? 3427 -
Karoten-β 8285 μg -
Cypto xanthine β 0 μg -
Lutein zeaanthin 256 μg -
Beragam Manfaat Wortel Mentah

Bagi Anda yang sering mengonsumsi pil vitamin A, mungkin sebaiknya anda eksklusif beralih ke sayur berwarna ini. Ya, wortel ibarat yang dijelaskan di atas mempunyai banyak vitamin A. Bahkan di antara nutrisi lainnya, vitamin A mempunyai nilai tertinggi. Tak hanya vitamin A, wortel juga mengandung nutrisi lain yang diharapkan badan kita. Karena itu, kalau Anda mengonsumsi wortel wortel mentah, khususnya, selain memenuhi kebutuhan vitamin A, Anda juga bisa mendapat laba nutrisi lainnya. Berikut yaitu banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari wortel mentah:

Perbaiki fungsi penglihatan
Manfaat wortel untuk mata telah dipatenkan, wortel telah dikenal sebagai sumber masakan yang bisa memberi nutrisi indra penglihatan. Wortel mentah mengandung sejumlah besar vitamin A, yang kira-kira setara dengan 16.706 IU atau 557 persen dari kebutuhan vitamin A badan manusia. Selain itu, wortel juga mengandung banyak beta karoten yang kemudian bisa diubah menjadi vitamin A di hati kita.

Vitamin A diubah menjadi bentuk rhodopsin di retina. Rhodopsin yaitu pigmen ungu yang membutuhkan mata untuk melihat di malam hari. Selain itu, penelitian menyampaikan apakah orang yang mengkonsumsi banyak masakan kaya beta karoten cenderung mempunyai potensi katarak dan miopia lebih dari 40 persen lebih rendah daripada beta karoten yang jarang dikonsumsi.

Membantu mencegah kanker
Beberapa penelitian menyampaikan apakah wortel mentah terbukti membantu mengurangi risiko kanker usus besar, kanker payudara dan kanker paru-paru. Penelitian terbaru bahkan menyampaikan apakah wortel mentah mengandung zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk dalam zat antikanker. Falcarinol sendiri yaitu sejenis pestisida alami yang diproduksi oleh wortel untuk melawan penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur.

Top untuk kanker
Membantu menunda penuaan
Kandungan beta karoten tinggi pada wortel juga berkhasiat sebagai antioksidan yang sanggup membantu membersihkan simpulan hidup sel-sel melalui proses target.

Itulah beberapa manfaat wortel bagi tubuh, supaya bermanfaat.

No comments