Kandungan Jambu Biji Bagi Kesehatan

Share:
Kandungan jambu biji bagi kesehatan - Meski jambu biji mempunyai rasa pahit bagus yang menyatu menjadi satu, namun buah ini tetap disukai oleh banyak orang. Selain itu, jambu biji mempunyai bibit kecil tapi jumlahnya banyak dan sangat keras. Tapi kini ada jambu unggul yang mempunyai rasa bagus dan bijinya tidak terlalu menyerupai dengan varietas jambu biji biasa.

Manfaat jambu


Jambu biji mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kondisi badan semoga tetap sehat. Faktanya, kandungan vitamin C dalam jambu biji mempunyai kadar yang lebih tinggi dibanding jeruk yang mengandung vitamin C yang "hanya" 49 mg / 100 gram. Dan, kandungan vitamin C pada buah jambu biji lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan buah jambu kiwi yang sering disebut sebagai raja vitamin C. Vitamin C yang terkandung dalam biji ditemukan terutama di kulit dan daging tebal dari luar. Dan secara umum, kandungan vitamin C dalam jambu biji akan meningkat ketika jambu mulai memasak.

Baca juga :  Dokter khitan pekanbaru

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, jambu biji juga mengandung banyak serat yang disebut pektin, yang merupakan jenis serat yang larut dalam air. Pektin yang terkandung dalam buah jambu biji sangat bermanfaat bagi badan kita untuk menjaga kesehatan organ pencernaan dan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam badan dengan mengikat kelebihan kolesterol dalam badan kita bersamaan dengan asam empedu dalam badan dan membuang badan kita. Jambu bijiSelain mengandung vitamin C, vitamin A dan pektin, jambu biji juga mengandung banyak mineral menyerupai magnesium dan mangan, triptofan yaitu asam amino esensial, ia juga mengandung senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi badan menyerupai asam alegat, asam korbigen dan asam linoleat.

Jambu biji juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B1 dan air. Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam jambu biji, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi jambu biji untuk menjaga kesehatan badan kita, seperti:

Menyembuhkan bisul dalam tubuh
Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, jambu biji akan memperbaiki sistem kekebalan badan kita sehingga badan kita lebih tahan terhadap penyakit atau infeksi. Dengan mengonsumsi buah jambu biji pribadi atau konsumsi jus buah jambu biji Darsa kita sudah mengalami sakit tenggorokan atau flu, yang akan memungkinkan mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Mencegah serangan kanker
Dengan kandungan vitamin C plus adanya flavonoid daalam jambu biji, maka menciptakan jambu biji mempunyai khasiat antioksidan yang besar lengan berkuasa dan bisa menghambat produksi nitrosamin, yaitu zat yang bisa memicu kanker di badan kita. Vitamin C yang sempurna dalam darah akan merangsang kinerja selenium untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus besar. Kandungan lycopene dalam jambu biji menghambat oksidasi lemak di badan kita sehingga kita menjauh dari serangan kanker.

Mencegah penyakit jantung koroner
Kandungan kalium dalam jambu biji lebih tinggi dibanding kandungan potassium pada pisang. Kalium dalam jambu biji sanggup membantu menjaga detak jantung tetap stabil. Selain itu kandungan alegat asam, korbigen dan serat pada buah jambu biji juga bisa mengikat kelebihan lemak dalam badan sehingga mencegah terbentuknya plak di arteri atau aterosklerosis yang sanggup mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Kurangi kondisi hipertensi
Selain mencegah timbulnya aterosklerosis yang bisa mengakibatkan jantung koroner, kandungan potassium dalam jambu biji juga bisa menstabilkan tekanan darah. Kondisi hipertensi bisa menurun dengan mengkonsumsi jambu biji secara teratur, sehingga tekanan darah menjadi stabil.

Antiviral serta anti inflamasi
Vitamin C dalam jambu biji akan berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat mempunyai kegunaan untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kandungan flavonoid dalam jambu biji mempunyai sifat anti-inflamasi, anti-alergi dan antivirus. Makara tidak ada salahnya mengkonsumsi jambu biji untuk mencegah serangan virus dan mencegah timbulnya peradangan.

Antibakteri dan desinfektan untuk tubuh
Jambu biji kaya akan zat dasar dan mempunyai sifat antibakteri dan disinfektan yang alami bagi badan kita. Berbagai penyakit, terutama diare dan disentri, biasa terjadi

Itulah beberapa kandungan jambu biji, semoga bermanfaat.

No comments