Menjaga Kesehatan Telinga

Share:
Menjaga kesehatan indera pendengaran - Telinga yakni salah satu dari lima indera bahwa kesehatan harus dijaga. Semakin renta Anda, indera pendengaran untuk mendengar mungkin berkurang. Serta mata mungkin mengalami penurunan kemampuan untuk melihat mereka seiring bertambahnya usia. Untuk ini, dianjurkan untuk menjaga kesehatan indera pendengaran Anda dari sekarang, sesegera mungkin.

Menjaga kesehatan telinga


Beberapa hal yang sanggup Anda lakukan untuk menjaga kesehatan indera pendengaran Anda:

1. Bersihkan indera pendengaran dengan cara yang benar 
Anda mungkin berpikir sebaiknya membersihkan indera pendengaran dengan cotton bud secara teratur. Namun, anggapannya salah. Sebagai gantinya, Anda tidak dianjurkan untuk memasukkan cotton bud atau sesuatu yang lain di indera pendengaran untuk membersihkan telinga. Memasukkan cotton bud ke indera pendengaran benar-benar berisiko mendorong lilin ke telinga. Selain itu, penyisipan sesuatu ke dalam rongga indera pendengaran juga beresiko merusak organ sensitif di telinga, menyerupai gendang telinga.

Kaprikornus bagaimana Anda membersihkan indera pendengaran Anda? Telinga yakni organ yang bisa dibersihkan. Cairan lilin di dalam indera pendengaran membantu mencegah bubuk dan partikel berbahaya lainnya masuk ke telinga. Karena itu, fungsi cairan lilin ini sangat penting untuk kesehatan indera pendengaran dan lilin indera pendengaran itu normal. Jika Anda mempunyai kelebihan lilin ini, Anda bisa menyeka kawasan sekitar rongga indera pendengaran dengan handuk lembut. Sebagai alternatif, Anda bisa meminta sumbangan dokter untuk membersihkan indera pendengaran Anda dengan alat khusus.

2. Lindungi indera pendengaran Anda dari bunyi keras 
Fungsi indera pendengaran yakni mendengarkan. Namun, indera pendengaran mempunyai kemampuan untuk mendengar suara. Tidak semua bunyi masuk dalam kategori kondusif untuk mendengar telinga. Terlalu sering terpapar dengan bunyi nyaring, bisa membuat kemampuan mendengar Anda berkurang. Sumber yang berpengaruh ini bisa beragam, contohnya dari lingkungan kerja Anda, dari musik yang Anda dengarkan, dan sebagainya. Untuk menjaga kesehatan pendengaran Anda, Anda harus melaksanakan hal berikut:

Jika lingkungan kerja Anda selalu membuat bunyi keras, menyerupai ketika memotong, menggunakan alat bunyi listrik, dan lain-lain, Anda harus menggunakan pelindung telinga.
Jika Anda suka mendengarkan musik, Anda juga sebaiknya tidak mengatur volume pemutar musik Anda. Jika Anda mendengarkan musik melalui headphone dan bunyi didengar oleh orang akrab atau Anda tidak sanggup mendengar bunyi lain, itu berarti volume musik Anda terlalu keras dan Anda harus menurunkannya. Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan headphone untuk mendengarkan musik. Beri waktu ke indera pendengaran untuk beristirahat. Anda bisa mengikuti hukum 60/60 ketika mendengarkan musik melalui headphone. Artinya, batas volume musik Anda tidak lebih dari 60% dan Anda menggunakannya tidak lebih dari 60 menit sehari.
Jangan dengarkan dua sumber berpengaruh sekaligus. Ini benar-benar sanggup merusak pendengaran Anda. Misalnya, ketika seseorang membersihkan rumah dengan penyedot bubuk yang membuat kebisingan, itu tidak menambah volume televisi atau bahkan mendengarkan musik dengan bunyi nyaring.
Jika Anda ingin melihat konser atau pergi ke tempat yang bermain musik dengan bunyi keras, Anda harus mengenakan epilog telinga.

3. Jaga semoga indera pendengaran tetap kering 
Kelembaban berair atau berlebih dari indera pendengaran memungkinkan kuman masuk ke jalan masuk telinga. Hal ini sanggup mengakibatkan jerawat indera pendengaran yang disebut indera pendengaran perenang atau eksterna otitis. Telinga perenang yakni jerawat indera pendengaran kepingan luar yang disebabkan oleh air yang terjebak di jalan masuk telinga, sehingga kuman menjadi terjebak. Di lingkungan yang panas dan lembab, kuman ini meningkat dalam jumlah yang mengakibatkan iritasi dan jerawat pada jalan masuk telinga.

Karena itu, pastikan telingamu selalu kering. Jika Anda yakni hobi berenang, Anda harus mengenakan epilog kuping untuk berenang semoga air tidak masuk ke indera pendengaran Anda. Jika Anda merasa air masuk ke indera pendengaran Anda, segeralah memiringkan kepala dan tarik indera pendengaran untuk merangsang air. Jangan lupa untuk selalu mengeringkan telingamu dengan handuk kering sesudah masing-masing berenang dan juga sesudah mandi masing-masing, ini penting.

Lakukan investigasi rutin terhadap indera pendengaran ke dokter 
Penting bagi Anda untuk menilik indera pendengaran Anda dengan dokter Anda, terutama ketika Anda bertambah tua. Gangguan pendengaran berkembang secara bertahap, jadi Anda perlu memastikan bahwa kondisi indera pendengaran Anda sehat setiap saat. Anda perlu melaksanakan tes pendengaran awal sehingga Anda bisa mengukur dan mengambil tindakan ketika ada gangguan pendengaran yang Anda rasakan. Pemeriksaan indera pendengaran juga dilakukan untuk memastikan tidak ada akumulasi kotoran indera pendengaran di telinga. Jika ada, indera pendengaran Anda mungkin perlu

Itulah beberapa menjaga kesehatan telinga, semoga mempunyai kegunaan dan bermanfaat.

No comments