Mudah Cari Kerja Bagi Para Penyandang Disabilitas Dengan Beberapa Trik Ini

Share:

Bukan lagi rahasia bahwa mencari pekerjaan adalah hal yang cukup sulit. Bahkan, kondisi ini bisa lebih sulit ketika Anda memiliki kekurangan. Orang-orang dengan disabilitas biasanya lebih sulit untuk mendapatkan karena kekurangan yang dimilikinya. Terlebih lagi, tak banyak perusahaan atau kantor yang bersedia menerima orang-orang dengan disabilitas.


Meski memiliki kekurangan, nyatanya orang-orang dengan disabilitas juga memiliki kualifikasi yang mumpuni sehingga mereka layak untuk mendapatkan pekerjaan. Meski pada beberapa sisi, perusahaan harus menyesuaikan dengan kondisi karyawannya. Lowongan kerja untuk disabilitas kini banyak ditawarkan oleh berbagai perusahaan, namun Anda tetap perlu mencari lowongan yang paling sesuai dengan kualifikasi yang Anda miliki.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan para orang-orang dengan disabilitas agar mampu mendapatkan pekerjaan.

1.      Cek website perusahaan tujuan

Cari tahu terlebih dahulu mengenai visi dan misi perusahaan, detail pekerjaan yang dituju, servis apa yang diberikan oleh perusahaan hingga informasi kontak perusahaan tersebut. Banyak juga website perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan, jadi Anda tak perlu repot untuk mencari lowongan pekerjaan yang dibutuhkan di aplikasi lain. Cari juga pekerjaan yang tak mengharuskan Anda untuk berada di kantor setiap waktu. Beberapa perusahaan telah memiliki kebijakan untuk membuat waktu kerjanya lebih fleksibel untuk para penyandang disabilitas.

2.      Sebutkan kekurangan yang dimiliki saat interview

Jika Anda terpilih sebagai kandidat dan masuk ke tahap interview, maka jangan tutupi kekurangan yang Anda miliki. Biasanya, para perekrut tidak menanyakan sejak kapan Anda memiliki kekurangan tersebut dan bagaimana kekurangan tersebut berpengaruh terhadap diri Anda. Mereka justru menanyakan bagaimana Anda bisa bekerja sebaik mungkin meski memiliki kekurangan. Jadi, tak perlu takut untuk berbicara secara terbuka mengenai kekurangan yang dimiliki jika Anda memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

3.      Siapkan diri untuk beberapa tes yang harus dijalani

Selama proses perekrutan yang dilakukan, perusahaan biasanya melakukan skill test untuk para calon karyawan. Seperti misalnya, mereka meminta Anda untuk melakukan draft dokumen untuk pekerjaan sekretariat. Tes lain yang biasanya dilakukan adalah tes medis. Beberapa perusahaan memang mengharuskan para calon karyawannya untuk melakukan tes medis, jika Anda mendapati hal ini, maka lakukan sesuai aturan.

4.      Ceritakan kesulitan Anda kepada mentor yang tepat

Jika Anda mengenal penyandang disabilitas lain yang telah mendapatkan pekerjaan, maka jangan ragu untuk berbicara kepada mereka dan ceritakan apa saja kesulitan yang Anda alami selama mencari pekerjaan. Meski kekurangan yang ia miliki tak sama dengan Anda, namun sudut pandangnya bisa sangat membantu Anda dalam mencari pekerjaan.

5.      Temukan passion yang Anda miliki

Seperti kebanyakan orang lainnya, Anda bisa memilih pekerjaan atau karir berdasarkan passion yang Anda miliki. Jika Anda bisa mengerjakan satu hal dengan sangat rapi hingga selesai dan itu membuat Anda bahagia, maka mungkin itulah passion Anda. Pikirkan kembali untuk membuat passion tersebut menjadi karir Anda selanjutnya.

Mencari dan memilih pekerjaan yang tepat memang bukan sesuatu yang mudah, bahkan untuk kebanyakan orang. Lowongan pekerjaan yang tidak sebanding dengan kebutuhan para pencari kerja, membuat banyak orang merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun, kini ada banyak perusahaan outsourcing yang bisa Anda pilih agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi diri Anda. Anda bisa mencari outsourcing di jakarta agar tak perlu repot untuk mencari pekerjaan yang Anda butuhkan.

No comments