Wajib Dibaca Oleh Investor Pemula, Apa Itu Investasi?

Share:

Wajib Dibaca Oleh Investor Pemula, Apa Itu Investasi? Baru punya penghasilan bulanan tapi sudah ingin menggandakannya lewat sebuah investasi? Kalau merasa belum mampu untuk berinvestasi dengan berbisnis sendiri, maka tak ada salahnya Anda mencari platform investasi yang aman, terpercaya, dan menguntungkan.


Secara bahasa, investasi adalah menyimpankan sejumlah dana tunai pada suatu bisnis. Investor, yang menyimpankan dana, tentu mengharapkan keuntungan atau peningkatan nilai atas dananya. Dan pihak yang menerima investasinya melakukan kelola atas investasinya. Salah satu usaha investasi bisa juga dalam bentuk menanamkan modal untuk digunakan sebagai pinjaman syariah, atau konvensional.

Tidak Hanya Untung Tapi Harus Syariah

Semakin paham manusia akan pentingnya tatanan hukum Islam dalam kehidupan membuat orang ingin lebih tahu apa itu investasi syariah. Yang paling membedakan pada investasi syariah adalah akadnya. Akad syariah ada 3 macam, yaitu kerjasama, sewa menyewa, dan bagi hasil.

Selain itu, tujuan investasi syariah ada unsur investasi sosial. Artinya tidak hanya untuk keuntungan semata namun punya dampak sosial yang baik atas investasi kita. Misalnya saja ada unsur ibadah dan sedekah, tak hanya masalah untung banyak dan mudah.

Bagaimana Menggaet Modal Investasi Syariah?

Selayaknya usaha, maka investasi pun harus ada dana atau modal awalnya. Yang sering jadi kendala jika modal belum punya. Apakah niat Anda harus terhenti begitu saja? Tentu tidak! Sekarang sudah ada kredit syariah yang bisa membantu Anda mendapatkan modal untuk bisnis dan investasi.

Apa itu investasi jika tanpa modal? Karena itu modal penting selama akadnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Misal ketika Anda membeli mobil Rp 150 juta dengan cara mencicil. Bank syariah akan bertindak sebagai pembeli yang kemudian menjualkannya kepada Anda. Tentu harga dari bank dinaikkan di awal, ada perjanjian membayarkan angsuran tiap periode (bulanan), dan apabila ada selisih untung atau rugi pasca angsuran maka jadi kerugian atau keuntungan pihak bank sendiri.

Produk Investasi Syariah

Selayaknya sudah disebukan bahwa pinjaman syariah diperkenankan selama tidak melanggar syariat Islam. Dari pinjaman yang sudah sesuai ketentuan Islam, tentu harus dipergunakan juga ke perangkat investasinya.

Saat ini sudah terbuka beberapa platform investasi lewat fintech yang aman, terpercaya dan tentunya, syariah. Produk-produknya pun punya nama yang mirip dengan produk investasi konvensional, misalnya saja reksadana syariah, saham, syariah, atau deposito syariah.

Jadi tak benar adanya apabila orang mengait-kaitkan bahwa orang muslim tak bisa ikut pasar modal dan investasi. Karena sesungguhnya seruan Investasi ini sudah diriwayatkan di Al Quran, merujuk ke surah Al Baqarah dan An Nisa.

Demikian apa itu investasi sudah dijelaskan dan digandengkan dengan kata syariah di belakangnya supaya sesuai dengan syariat agama. Adapun investasi semacam ini pun sudah ada yang online, sehingga Anda pun dimudahkan dalam menjangkau pemegang bisnis dan memantau seberapa baik perkembangan investasi dan bisnis Anda.

No comments