Panduan Dalam Menentukan Earphone Yang Bagus

Share:

Earphone adalah pengeras suara kecil yang pemakaiannya dijalankan dengan menyumbatkannya ke lubang telinga pendengar. Perangkat pendengar ini bersifat sederhana, hingga gampang dibawa kemana saja. Pada intinya earphone mempunyai peranan yang sama juga dengan headset, headphone, atau handsfree. Tetapi elemen yang berada di dalam earphone cuma dapat dipakai untuk keluarkan suara. Pemakai umumnya memakai earphone untuk keperluan selingan seperti dengarkan musik, melihat film, bermain game, dan lain-lain. Bahkan ada yang lebih canggih lagi yaitu Galaxy buds karena sudah menggunakan wireless.



Earphone umumnya mempunyai dua tipe, yakni In-Ear Monitor (IEM) serta Earbud. IEM adalah earphone yang umumnya dibikin berbahan karet yang semakin nyaman dipakai. Karet pada IEM masuk ke lubang telinga, hingga waktu pemakai sedang dengarkan musik betul-betul tidak ada suara di luar. Kualitas suara semakin lebih jernih. Sedang Earbud dibuat dari bahan plastik bulat yang keras. Pemakaiannya cuma ditempel di lubang telinga. Masih ada suara di luar yang bisa masuk lewat sela sebab tidak rapat.


Sebagian orang seringkali berasa kebingunan waktu akan beli earphone. Earphone yang dibeli sebaiknya bermutu, nyaman dipakai waktu terpasang di telinga, serta membuahkan suara jernih. Berikut langkah pilih earphone yang bermutu.

Lihat Keperluan Tipe Musik

Sebelum beli earphone, seharusnya lihat keperluan yang Anda perlukan. Keperluan dipastikan dari musik yang akan didengar. Melihat tipe musik apakah yang Anda gemari serta seringkali didengar. Setiap tipe musik mempunyai ciri-ciriistriknya sendiri-sendiri. Contohnya, tipe musik hip hop serta metal pas dengan earphone sejenis warm yang mempunyai output suara condong bass sebab suara vokal semakin lebih perlahan dibandingkan suara bass. Sedang saluran musik rock serta classic semakin pas dengan earphone sejenis bright yang keluarkan suara condong treble.

Pilih Bentuk Earphone

Sesudah tentukan keperluan tipe musik, saat ini pilih bentuk earphone yang sesuai hasrat Anda. Pilih bentuk earphone yang membuat Anda berasa nyaman waktu memakainya di lubang telinga. Pilih earphone sejenis IEM yang tutupi semua lubang kuping atau Earbud yang melekat saja di lubang telinga, tapi tidak masuk.

Lihat Detail Earphone

Kecuali keperluan tipe musik serta memiliki bentuk, Anda harus juga memperhatikan detail yang berada di dalam earphone. Beberapa detail yang penting diingat diantaranya frekwensi, impedance, serta sensitivitas. Lihat kekuatan earphone dalam memberi respon frekwensi gelombang suara. Earphone yang mempunyai tenggang frekwensi yang besar disebutkan bermutu baik. Rentangnya makin lebar bermakna mutunya makin baik. Makin rendah frekwensi bawahnya serta makin tinggi frekwensi atasnya bermakna makin baik juga. Ini bermakna earphone bisa memperdengarkan beberapa suara yang mempunyai frekwensi rendah yang mungkin umumnya tidak ada. Contohnya, frekwensi 4 Hz – 30.000 Hz. 4 Hz adalah suara bass, sedang 30.000 Hz adalah suara treble. Jika frekwensi ujungnya makin tinggi, karena itu makin komplet juga kualitas audionya.

Kecuali frekwensi, ada impedance atau kendala yang harus juga jadi perhatian. Umumnya earphone mempunyai kendala seputar 32 ohm. Impedance rendah sekitar di antara 15 ohm sampai 150 ohm. Sedang kendala yang tinggi mempunyai ukuran lebih dari pada 150 ohm. Kendala memperlihatkan resitensi yang berada di dalam earphone. Tinggi rendahnya kendala tidak tentukan kualitas, jadi bisa kita mengatur sesuai hasrat.

Sedang sensitivitas diperlihatkan oleh tulisan SPL (Sound Pressure Level) dalam unit mili watt (mW) atau desibel, contohnya 114 dB/mW. Lewat sensitivitas, Anda bisa ketahui sebesar keras suara yang bisa dikeluarkan oleh earphone itu. Makin besar angkanya maka semakin keras suara yang akan dikeluarkan, hingga Anda tak perlu membesarkan volume player. Disamping itu, makin tinggi angkanya karena itu makin berkurang daya yang diperlukan. Untuk amannya supaya tidak menghancurkan pendengaran Anda, cari earphone yang mempunyai sensitifitas <85dB. Disamping itu, lihat kabel pada earphone. Earphone dengan suara bermutu umumnya memakai double-side pada kabelnya.

No comments