Mengapa Printer Rumah Masih Begitu Dibutuhkan di Era Digital?

Share:

Beralihnya berbagai produk, dari buku hingga slip gaji, ke format digital mungkin membuat Anda bertanya-tanya apakah printer masih dibutuhkan? Sekilas, keberadaan printer terasa kurang dibutuhkan karena berkurangnya pemakaian kertas. Namun, tahukah Anda kalau printer merk Brother untuk rumah masih diperlukan untuk beberapa hal lain?



Ya, membeli printer untuk kebutuhan pribadi maupun bersama tak akan rugi selama sesuai tujuan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang saat Anda harus terus diam di rumah. Lantas, apa saja faktor yang membuat fungsi printer begitu vital untuk kegiatan sehari-hari?


  • Mencetak dokumen penting untuk arsip

Walau menyimpan dokumen dalam format digital lebih praktis, dokumen fisik masih memiliki peran penting, terutama untuk situasi-situasi darurat. Sebagai contoh, saat mobil rusak akibat kecelakaan dan ponsel rusak, Anda bisa memakai arsip pengajuan klaim yang sudah dicetak kepada perusahaan terkait. Selain itu, mengumpulkan dokumen-dokumen penting dalam satu wadah memudahkan Anda untuk menyalinnya (fotokopi).


  • Memudahkan proses proofreading

Menyunting tulisan di laptop atau personal computer memang lebih cepat. Namun saat proofreading, Anda bukan hanya bertugas membaca teks, melainkan juga menandai bagian-bagian yang harus diperbaiki. Dalam hal ini, mencetak tulisan akan lebih aman karena Anda tak perlu memandang layar monitor atau laptop selama berjam-jam. Kemudian setelah menyelesaikan proofreading, Anda bisa mengaplikasikan perubahan pada format digital.


  • Penunjang usaha rumahan yang efektif

Suka menjual stiker atau aksesori untuk bullet journaling? Kehadiran printer di rumah jelas akan menunjang Anda dalam menjalankan usaha kecil-kecilan. Cukup cari printer yang bisa memenuhi cetakan produk, kertas, dan tinta yang sesuai. Anggaran yang Anda keluarkan dijamin akan lebih rendah dibandingkan menggunakan jasa percetakan. Jadi, Anda bisa memanfaatkan bujet yang tersisa untuk keperluan lain.


  • Bisa menyetok pasfoto kapan pun dibutuhkan

Tidak sedikit printer yang sekarang sudah mampu mencetak foto dengan kualitas sebagus jasa percetakan profesional. Manfaatkan keunggulan tersebut untuk memenuhi kebutuhan, misalnya saja menyetok pasfoto yang biasanya dijadikan syarat pendaftaran atau pengajuan dokumen. Anda hanya perlu memastikan file foto yang dicetak punya resolusi besar, sehingga hasil cetakan tak akan pecah atau kabur.


  • Mengatur dokumen fisik dan digital

Bukan cuma mencetak, printer canggih dapat membantu Anda mengarsip dokumen penting ke format digital. Hal ini disebabkan adanya fitur scanning yang disematkan pada printer tertentu, salah satunya printer all in one. Dengan fitur ini, Anda akan lebih mudah mengatur macam-macam dokumen dalam format berbeda. Anda pun tak bakal kerepotan saat harus mengirimkan dokumen digital maupun menyediakan versi fisiknya.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tak ragu lagi dalam mempertimbangkan membeli printer untuk kegiatan-kegiatan selama berada di rumah!

No comments